Sengketa Lebanon-Arab Saudi 2017

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sengketa Lebanon-Arab Saudi 2017
Bagian dari Konflik proksi Iran-Arab Saudi
Tanggal4 November 2017 – sekarang
(6 tahun dan 6 bulan0 hari)
LokasiLebanon
Arab Saudi
Status
Pihak yang terlibat

 Lebanon

Didukung oleh:
Hezbollah
 Iran

 Arab Saudi

Didukung oleh:

Sengketa Lebanon-Arab Saudi 2017 dimulai setelah Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri secara mendadak mengumumkan di Arab Saudi bahwa ia mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri pada tanggal 4 November 2017. Beberapa saat sesudahnya, hubungan Lebanon dengan Arab Saudi memburuk. Pada tanggal 6 November 2017, Arab Saudi mengklaim bahwa Lebanon telah menyatakan perang terhadap Saudi,[1][2] meskipun para pemimpin di Lebanon mengatakan hal yang sebaliknya. Pada tanggal 9 November 2017, Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, dan Uni Emirat Arab meminta warganya untuk meninggalkan Lebanon.

Konflik ini dianggap sebagai bagian dari konflik proksi Iran-Arab Saudi. Iran, Hezbollah, serta beberapa analis dan pejabat Lebanon berkeyakinan bahwa Hariri dipaksa mengundurkan diri oleh Saudi dan mereka mengklaim bahwa Saudi telah menawan sang Perdana Menteri. Iran dan Hezbollah juga mengklaim bahwa hal ini dilakukan untuk mencari dalih untuk menyatakan perang terhadap Hezbollah.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Saudi, UAE, Kuwait urge citizens to leave Lebanon". www.aljazeera.com. Diakses tanggal 10 November 2017. 
  2. ^ "Saudi Arabia Tells Its Citizens To Leave Lebanon, And It's Not Completely Clear Why". NPR.org. Diakses tanggal 10 November 2017.