Sendok sayur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sendok sayur perak
Sendok sayur baja tahan karat
Sendok sayar dari sekitar abad ke-10 Masehi dari Chaco Canyon, AS

Sendok sayur adalah sebuah jenis dari sendok penyajian yang digunakan untuk sup, rebusan, atau makanan lainnya.[1] Meskipun memiliki rancangan yang beragam, sendok sayur biasanya memiliki pegangan yang panjang agar dapat diletakkan dalam sebuah mangkuk besar, sehingga dapat digunakan untuk memindahkan cairan ke dalam mangkuk kecil atau tempat makan lainnya.

Sendok sayur biasanya dibuat dari logam paduan baja tahan karat yang sama dengan peralatan dapur lainnya; namun, alat tersebut dapat dibuat dari aluminium, perak, plastik, resin melamin, kayu, bambu atau bahan lainnya. Sendok sayur dibuat dalam berbagai ukuran tergantung pada penggunaan; contohnya adalah sendok sayu yang panjang ukurannya kurang dari 5 inch untuk digunakan pada saus atau bumbu, sementara sendok sayur dengan panjang ukuran lebih dari 15 inch digunakan untuk sup atau punch.[2]

Pada zaman kuno, sendok sayur sering dibuat dari tumbuhan-tumbuhan seperti calabash atau kerang laut.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Swartz, Oretha D. (October 2, 1988). Service although not actually a spoon as is commonly found on a table, serving spoons are grouped under the 'utensil' umbrellaEtiquette (edisi ke-4th). United States Naval Institute. hlm. 228. ISBN 978-0870216206. 
  2. ^ Von Drachenfels, Suzanne (9 November 2000). The Art of the Table: A Complete Guide to Table Setting, Table Manners, and Tableware. Simon and Schuster. hlm. 213. ISBN 978-0684847320. 
  3. ^ "Dippers". Horniman Museum and Gardens. Diakses tanggal 2015-07-20.