Senapan kisar kotak-lada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Senapan kisar kotak-lada karya Allen & Thurber, salah satu desain Amerika yang paling umum
Senapan kisar kotak lada empat Laras pada pertengahan abad ke-19

Senapan kisar kotak-lada adalah senjata api berlaras banyak, sebagian besar berbentuk pistol, yang memiliki tiga atau lebih laras senapan dalam satu putaran. mekanisme. Setiap laras menangani satu tembakan, dan penembak dapat memutar seluruh rakitan laras secara manual untuk mengindeks setiap laras secara berurutan agar sejajar dengan kancing atau palu, serupa dengan perputaran silinder pistol .

Senjata ini telah ada untuk semua jenis senjata api firelock dan sistem amunisi berselubung logam yang digunakan dalam senjata api : kancing sumbu, kancing roda, kancing rijang, kancing tutup perkusi, pinfire, rimfire, dan centerfire . Meskipun biasanya berupa pistol, beberapa senjata panjang juga dibuat. Misalnya, Samuel Colt memiliki senapan korek api kotak merica tiga barel dari British India, [1] dan senapan kotak merica delapan barel dirancang pada tahun 1967, tetapi tidak pernah diproduksi.

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Senapan kisar kotak-lada ini populer di Amerika Utara dari tahun 1830 hingga Perang Saudara Amerika, namun konsepnya diperkenalkan jauh lebih awal. Pada abad ke-15, Ribauldequin, versi senjata voli, memiliki beberapa laras tembakan tunggal yang dipasang pada sebuah popor, yang ditembakkan satu per satu melalui korek api. Sekitar tahun 1790, kotak merica dibuat berdasarkan sistem flintlock, terutama oleh Nock di Inggris dan "Segallas" di Belgia. Senjata-senjata ini dibangun berdasarkan kesuksesan pistol perputaran dua barel sebelumnya, dilengkapi dengan tiga, empat, atau tujuh Laras. Senapan awal ini diputar dengan tangan.[2]

Penemuan kancing tutup perkusi yang dibuat berdasarkan inovasi bubuk perkusi dari paten Pendeta Alexander Forsyth tahun 1807 (yang berlangsung hingga tahun 1821), dan revolusi industri memungkinkan senapan kisar kotak lada diproduksi secara massal, menjadikannya lebih terjangkau daripada harga awal. senjata buatan tangan sebelumnya hanya terlihat di tangan orang kaya. Contoh senjata awal ini adalah pistol Manhattan tiga laras Amerika, Budding Inggris (mungkin senapan kisar kotak-lada tutup-perkusi Inggris pertama) dan Engholm Swedia. Kebanyakan senapan kisar kotak merica tutup-perkusi memiliki flensa melingkar di sekitar bagian belakang silinder untuk mencegah puting yang tertutup ditembakkan secara tidak sengaja jika pistol terjatuh saat berada di dalam saku atau terjatuh dan untuk melindungi mata dari pecahan tutup.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cooper, C, Samuel Colt: Arms, Art, and Invention (2006) p.26
  2. ^ The new weapons of the world encyclopedia: An international encyclopedia from 5000 B.C. to the 21st century by Diagram group, (Macmillan, 2007) p.126