Senad Hadžić

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Senad Hadžić (lahir pada 1965) adalah seorang pria asal Bosnia yang dikenal karena melakukan perjalanan dari Bosnia ke Mekkah, Arab Saudi hanya dengan berjalan kaki. Hadzic berangkat dari kampung halamannya, Desa Banovici di utara Bosnia Desember 2011 lalu. Ia menempuh perjalanan 5.900 kilometer menuju Mekkah, 12 hingga 20 mil mampu ia tempuh setiap hari dengan bekal 200 euro (setara Rp2,5 juta). Menenteng ransel besar seberat 20 kilo, salah satunya berisi Al-Quran yang dia lindungi pembungkus plastik agar tak basah. Selain membawa Quran, Hadzic juga membawa Injil di tas punggungnya.

Ia juga membawa peta, dan bendera enam negara lain yang ia lalui, sembari merasakan suhu yang teramat dingin, minus 35 derajat Celsius di Bulgaria, hingga superpanas 44 Celsius di Yordania. Ia tidur di masjid, sekolah, dan tempat lain, termasuk di rumah orang-orang berhati mulia yang ingin meringankan bebannya.

Dalam 11 hari ia menempuh jarak 500 kilometer, melewati Aleppo dan Damaskus, lolos dari puluhan pos pemeriksaan yang dijaga pasukan pro pemerintah dan pemberontak. Tak sekali pun dia ditahan. Suatu hari ia tiba di pos yang dijaga tentara pasukan pro pemerintah. Hadzic diminta untuk mengosongkan ranselnya. Ketika ia menunjukkan Al-Quran yang ia bawa, dan menjelaskan ia sedang berjalan kaki untuk berhaji ke Mekah, mereka langsung membiarkannya pergi.

Hadzic akhirnya sampai ke Mekkah pada Sabtu 20 Oktober 2012 dan langsung sujud dan berdoa di tanah suci.

Sumber[sunting | sunting sumber]