Semburan kebelakang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Animasi dari sistem Semburan Kebelakang sederhana.

Semburan kebelakang (Inggris: Blowback) adalah salah satu sistem senjata api yang menggunakan gaya dari ledakan propelant untuk mendorong bolt kebelakang, hampir mirip dengan cara kerja piston di mesin. Berbeda dengan Operasi Rekoil, laras Semburan Kebelakang tidak ikut bergerak dan bolt tak pernah terkunci. Sistem ini dinilai jauh lebih sederhana dan memiliki hentakan yang lebih kecil dibanding Operasi gas.

Beberapa sistem Semburan Kebelakang dibedakan dari cara memperlambat gerakan bolt sebelum peluru benar-benar keluar dari laras. Ini dimaksud agar bolt tidak langsung mundur penuh sebelum peluru terlontar sehingga gas yang mendorong peluru tidak banyak terbuang percuma kebelakang.

Semburan kebelakang tertunda[sunting | sunting sumber]

Semburan kebelakang tertunda mirip dengan semburan kebelakang tertunda sederhana, tetapi mampu menangani tekanan dari putaran senapan. Menggunakan sebuah operasi yang menunda pembukaan baut saat menembak.

Tuas tertunda kebelakang[sunting | sunting sumber]

Lever semburan kebelakang tertunda adalah di mana baut memiliki tuas yang memperlambat pembukaan baut tapi mempercepat baut pembawa, baut kemudian juga mempercepat dengan baut pembawa. Senapan mesin AA52 dan FAMAS menggunakan operasi ini.

Roller tertunda kebelakang[sunting | sunting sumber]

Roller tertunda blowback adalah di mana baut memiliki dua roll yang muncul keluar kedua sisi baut untuk mengunci ruangan. Senapan serbu Sturmgewehr 45, Senapan mesin ringan Heckler & Koch MP5 dan Calico menggunakan operasi ini.

Primer digerakkan[sunting | sunting sumber]

Primer blowback digerakkan adalah ketika putaran dipecat, primer bergerak pin menembak rearwards untuk membuka baut. M1 Garand Model 1919 dan Postnikov APT menggunakan operasi ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]