Selusur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Balitoridae
Balitora brucei
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Superfamili:
Famili:
Balitoridae

Swainson, 1839
Genus

Lihat teks

Selusur adalah ikan dalam keluarga Balitoridae.[1] Keluarga ini berisi ikan kecil dari Asia Selatan, Tenggara, dan Timur. Keluarga ini mencakup sekitar 202 spesies ikan. Mereka terkadang dinamai "ikan kadal", atau di Jerman disebut "flossensaugers". Spesies dalam genus Sewellia paling sering dijual dalam perdagangan akuarium. Mereka memiliki sejumlah kemiripan dengan Cobitidae, yakni kerabatnya dari superfamili Cobitoidea (loach), seperti banyak sungut di sekitar mulutnya. Mereka tidak sama dengan loricariidae yang terlihat serupa yang termasuk ikan berkumis (ordo siluriformes).

Sebagian besar spesiesnya bersifat reofilik, hidup di sungai yang deras, jernih, dan kaya oksigen. Beberapa spesies dari famili ini hidup di sungai kecil berarus deras dan sirip perutnya telah termodifikasi yang digunakan untuk menempel pada batu.[2]

Subfamili Nemacheilinae baru-baru ini dipisahkan menjadi satu famili yang berbeda yakni Nemacheilidae (loach batu), dan beberapa genus telah dipindahkan ke dalam famili Gastromyzontidae.[1]

Daftar Genus[1][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Kottelat, M. (2012): Conspectus cobitidum: an inventory of the loaches of the world (Teleostei: Cypriniformes: Cobitoidei). Diarsipkan 2013-02-11 di Wayback Machine. The Raffles Bulletin of Zoology, Suppl. No. 26: 1-199.
  2. ^ Banister, K.E. (1998). Paxton, J.R.; Eschmeyer, W.N., ed. Encyclopedia of Fishes. San Diego: Academic Press. hlm. 100. ISBN 0-12-547665-5. 
  3. ^ WoRMS. "Dienbienia". World Register of Marine Species. 
  4. ^ a b Randall, Z.S. & Page, L.M. (2015): On the paraphyly of Homaloptera (Teleostei: Balitoridae) and description of a new genus of hillstream loaches from the Western Ghats of India. Zootaxa, 3926 (1): 57–86.