Seluncur pasir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seluncur pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo

Seluncur pasir adalah olahraga papan dan olahraga ekstrim [1] mirip dengan seluncur salju yang melibatkan mengendarai melintasi atau menuruni gundukan pasir sambil berdiri di atas papan, baik dengan kedua kaki terikat atau berdiri longgar, tanpa ikatan. Seluncur pasir juga bisa dilakukan dengan duduk atau berbaring tengkurap atau telentang. Ini biasanya melibatkan papan pasir, meskipun dimungkinkan juga untuk menggunakan kereta luncur, papan selancar, dek papan seluncur, atau papan seluncur salju .

Seluncur pasir memiliki penganut di seluruh dunia, tetapi paling banyak terjadi di daerah gurun atau daerah pesisir dengan bukit pasir pantai. Ini kurang populer daripada seluncur salju, sebagian karena sangat sulit untuk membangun lift ski mekanis di atas bukit pasir, yang berarti peserta harus berjalan kaki atau mengendarai kereta bukit pasir atau kendaraan segala medan untuk kembali ke puncak bukit pasir. Di sisi lain, bukit pasir biasanya tersedia sepanjang tahun dibandingkan dengan resor ski yang bersifat musiman.

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Dasar seluncur pasir jauh lebih sulit daripada papan seluncur salju, dan sebagian besar dibuat dari formika atau laminex dengan bahan dasar khusus yang sekarang dibuat, yang akan meluncur di atas pasir basah dan kering. Untuk meluncur di pasir, bagian bawah papan sering diberi lilin, biasanya dengan lilin papan pasir berbahan dasar parafin, sebelum berlari. Setelah itu, bagian bawah papan mungkin terlihat sedikit diampelas. Sebagian besar papan pasir medan terdiri dari lapisan kayu keras, sedangkan papan pasir 'ukuran penuh' terbuat dari kayu, fiber glass, dan komposit plastik. Namun, pangkalan seluncur salju terkadang juga berfungsi di bukit pasir yang lebih curam.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is sandboarding and how does it work?". Sand-boarding.com. 
  2. ^ Sand-boarding.com (2021-04-16). "Sandboarding: Facts and Figures". Surf The Sand (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-30.