Selir wangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Selir Wangi (Hanzi: 香妃; Pinyin: Xiāngfēi; Uighur: ئىپارخان / Iparxan / Ипархан) adalah tokoh dalam legenda China yang dijadikan selir oleh Kaisar Qianlong pada abad ke-18. Meskipun cerita-cerita tentang dia diyakini mitos, mereka mungkin telah didasarkan pada selir yang sebenarnya dari China barat yang masuk harem kaisar pada tahun 1760 dan yang menyandang gelar pengadilan Rong Fei. Beberapa orang bersikeras, Bagaimanapun, bahwa Selir Rong (yang bernama asli mungkin telah Maimur Azum) dan Permaisuri Xiang adalah perempuan yang berbeda. China Han dan Uyghur berbicara dari legenda Selir Wangi sangat berbeda, dan pengalamannya merupakan simbol yang kuat untuk kedua bangsa. Cerita menjadi sangat populer selama abad ke-20 awal dan telah diadaptasi menjadi memainkan beberapa film, dan buku.

Legenda Selir Wangi[sunting | sunting sumber]

Meskipun variasi cerita untuk detail legenda, cerita dasar antara China Han menceritakan pertemuan oleh Kaisar Qianlong (Dinasti Qing) dengan seorang gadis bernama Iparhan Uighur, cucu dari Apak Khoja, seorang pemimpin lokal di kota oasis Kashgar. Kecantikan luar biasa dari aroma tubuhnya secara alami diproduksi. Dia diberikan sebagai hadiah kepada Kaisar dan hati-hati mengawal sepanjang jalan ke Beijing, mencuci setiap hari di sepanjang jalan di susu unta untuk melestarikan aroma misterius.

Setelah kedatangannya ke istana kekaisaran, Selir Wangi, dihadiahi dengan taman dan kamar mewah sendiri sebagai tanda pengabdian Kaisar. Karena Rasa Rindu dan putus asa, dia minta untuk menciptakan desa yang jauh itu, gedung itu sebuah masjid, oasis miniatur, dan bazaar di luar jendela-nya dalam upaya untuk membawa kebahagiaan. Selir Wangi menjadi permaisuri yang disayangi kaisar hingga wafat. Simbol abadi persatuan nasional dan rekonsiliasi, tubuhnya dibawa kembali ke rumahnya Kashgar, di mana dia sekarang dimakamkan, dalam prosesi dari 120 pembawa dalam perjalanan yang membawa lebih dari tiga tahun.

Legenda Iparhan[sunting | sunting sumber]

Legenda Kontemporer Uighur menceritakan hal berbeda. Ia Dicuri dari suaminya, seorang pemimpin Muslim yang menolak tentara Qing, dan bersemangat pergi ke Beijing. Beberapa cerita memaparkan, dia bahkan lebih eksplisit sebagai tokoh perlawanan nasionalis yang telah bangkit selama Pemberontakan Turpan (1765) sebagai salah satu pemimpin nasional, tetapi segera ditangkap oleh pasukan Qing dan dikirim ke Kaisar. Disarankan bahwa selain untuk mempertahankan Iparhan kesucian merencanakan untuk membunuh Kaisar sebagai pembalasan atas penaklukan tanah airnya di Xinjiang. Kaisar, diperbodoh, tidak bisa menahan daya pikat kecantikannya, dan pada akhirnya Ibu Suri mengatur untuk pembunuhan di tangan kasim istana yang loyal.

Dalam Cerita Fiksi[sunting | sunting sumber]

Selir Wangi adalah tokoh populer dalam beberapa fiksi. di Indonesia dikisahkan dalam Novel dan Film Puteri Huan Zhu sebagai Hanxiang, seorang Hui.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Fuller, Graham E. and Jonathan N. Lipman. "Islam in Xinjiang" in Xinjiang: China's Muslim Borderland. Armonk, N.Y.: M.E. Sharpe Inc., c2004. (ISBN 0-7656-1318-2).

Millward, James A. "A Uyghur Muslim in Qianlong's Court: The Meaning of the Fragant Concubine." The Journal of Asian Studies 53, no. 2 (1994): 427-58.

Tyler, Christian. Wild West China: The Taming of Xinjiang. London: John Murray, c2003. (ISBN 0-8135-3533-6)