Self-addressed stamped envelope

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Amplop bercap bertujukan diri (bahasa Inggris: Self-Addressed Stamped Envelope, SASE) di Britania Raya, adalah sebuah amplop dengan nama pengirim dan alamat di atasnya, dengan prangko yang sudah ditempelkan dan dikirim ke sebuah perusahaan atau perorangan sehingga amplop bisa dibalas kembali ke alamat pengirim tanpa membebani penerima tersebut untuk membubuhkan perangko balasan. Amplop jenis ini juga disebut sebagai Amplop yang Ditujukan untuk Sendiri dan Dicap (SSAE:, Stamped Self-Addressed Envelope) atau hanya Amplop yang Dicap dan Diberi Alamat (SAE; Stamped Addressed Envelope).

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Kegunaan yang penting untuk SASE adalah ketika meminta informasi tentang produk atau jasa, atau saat mengirim naskah ke agen sastra.

SASE digunakan ketika berkomunikasi dengan perusahaan, lembaga amal atau selebriti (bagi penggemar), di mana masing-masing penerima sebenarnya mampu membayar biaya satu perangko dan amplop, tapi itu akan menjadi beban organisasi untuk membayar ongkos kirim balasan untuk semua surat-surat tersebut.

Salah satu penggunaan yang paling umum adalah ketika perusahaan secara legal diminta untuk mengirim sesuatu atas permintaan pengirim, seperti "daftar pemenang" pada akhir dari undian; perusahaan akan mensyaratkan SASE untuk menghindari membayar ongkos kirim balasan kepada pengirim.

SASE juga penting dalam hobi mengumpulkan tanda tangan dan radio amatir. Seorang penggemar akan mengirim permintaan tanda tangan untuk seorang selebriti atau atlet melalui pos dan berisi SASE, yang akan digunakan oleh selebriti/atlet tersebut untuk mengembalikan barang yang telah ditandatangani. Dalam kasus radio amatir, operator akan mengirimkan SASE ketika meminta kartu QSL dari stasiun lain.

Alternatif[sunting | sunting sumber]

Di Jepang, kartu pos balasan digunakan untuk tujuan serupa.

SASE tidak dapat dengan mudah digunakan untuk pos internasional, karena pengirim jarang memiliki persediaan perangko asing mint(baru/belum pernah dipakai). Sebaliknya, Kupon Balas Internasional (Inggris international reply coupons/IRC) dapat dibeli di kantor pos, meskipun tidak lagi dijual di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Pengguna IRCs sering juga mengirim amplop yang telah diberi alamat mereka sendiri, sebagai sopan santun, agar penerima menghemat biaya dan waktu dari membeli dan menuliskan alamat pada amplop.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]