Selasar (perusahaan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Selasar[1] adalah platform digital pertama di Asia Tenggara yang digunakan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan dalam berbagai bidang keilmuan yang dijalankan oleh PT Selasar Indonesia Baru. Gagasan pembuatan platform digital Selasar berangkat dari pemahaman bahwa pertanyaan adalah cara terbaik untuk membagikan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan wawasan manusia. Selasar memahami bahwa penemuan muncul, ilmu pengetahuan tumbuh, dan peradaban berkembang dengan diawali oleh pertanyaan-pertanyaan sederhana; pertanyaan yang menjelaskan kejadian-kejadian dunia, pertanyaan yang memandu pembuat kebijakan, dan pertanyaan yang membuka wawasan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selasar didirikan oleh Miftah N. Sabri, Muhammad Isa, Shofwan Al Banna Choiruzzad, Devie Rahmawati Diarsipkan 2017-02-13 di Wayback Machine., dan Arief Mizan[pranala nonaktif permanen] pada Februari 2014. Ide awal pendirian Selasar adalah sebagai pasar gagasan (ideas marketplace) sehingga setiap orang dapat berbagi gagasan sesuai dengan kompetensinya masing-masing[2] dengan cara menulis artikel setara esai. Gagasan-gagasan yang ada kemudian dikurasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Pada Desember 2016, Selasar menambahkan fitur baru di dalam platform-nya, yaitu fitur tanya-jawab terakurasi. Meskipun bersifat user generated content, konten berupa pertanyaan dan jawaban yang ada di Selasar tetap diakurasi demi mempertahankan kualitas konten yang selama ini menjadi ciri khas Selasar. Penambahan fitur ini membuat lebih banyak orang bergabung untuk membagi tidak hanya gagasan, tetapi juga ilmu pengetahuan, pengalaman, dan wawasannya.

Pada tahap ini, turut bergabung Pepih Nugraha yang menjabat sebagai COO Kompasiana. Proses perpisahan Pepih Nugraha yang disertai dengan sebuah tulisan berjudul Mengapa Saya Hengkang dari Palmerah ke Kemang?[3] cukup mengagetkan banyak pihak. Tulisan ini kemudian menjadi viral terutama di kalangan Kompasianer, sebutan bagi para pengguna Kompasiana.

Selain Pepih, turut bergabung pula Arfi Bambani[pranala nonaktif permanen] sebagai CCO (Chief Content Offiicer).

Jenis Produk[sunting | sunting sumber]

Teknologi Selasar memungkinkan penggunaan beberapa jenis produk oleh Selasares (pengguna Selasar). Jenis-jenis produk tersebut adalah sebagai berikut.

Ask Question—Selasares dapat mengajukan pertanyaan yang dikelompokkan pada topik tertentu.

Answer—Selasares dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan minat dan kompetensinya.

Ask to Answer—Selasares dapat meminta seseorang untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

Anonymous—Selasares dapat bertanya/menjawab dengan menyamarkan identitas aslinya.

Jurnal—Produk klasik Selasar yang memungkinkan Selasares menjelaskan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan wawasan secara lebih komprehensif

Selain memiliki produk digital, Selasar juga menjalankan acara-acara berupa pertemuan baik di dalam maupun di luar ruangan secara berkala.

Bincang Selasar—Acara yang diselenggarakan oleh Selasar bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu membahas topik yang sedang hangat diperbincangkan.

Bincang Selasar Kampus—Acara yang diselenggarakan oleh Selasar bekerja sama dengan pihak kampus untuk membahas solusi atas permasalahan yang ada.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Selasar". www.selasar.com. Diakses tanggal 2017-01-05. 
  2. ^ "A Little Story about Miftah Sabri (Selasar.com) and Achmad Zaky's (Bukalapak.com) Business Perseverance". BINUS International. Diakses tanggal 2017-01-05. 
  3. ^ "Mengapa Saya Hengkang dari Palmerah ke Kemang? - KOMPASIANA.com". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2017-01-05.