Sekuritas Treasury Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Riwayat performa sekuritas Treasury dibandingkan dengan Federal Funds Rate.
Performa hasil sekuritas Treasury dalam 2 hingga 10 tahun

Sekuritas Treasury Amerika Serikat (Inggris: United States Treasury securities) adalah obligasi pemerintah yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan Amerika Serikat (United States Department of the Treasury) untuk membiayai belanja pemerintah federal sebagai alternatif dari pajak. Bentuk sekuritas ini sering disebut sebagai Treasurys.[1] Sejak tahun 2012, lembaga pemerintah federal yang mengurus sekuritas Treasury adalah Bureau of the Fiscal Service, menggantikan peran yang sebelumnya diemban oleh Bureau of the Public Debt.

Terdapat empat macam sekuritas Treasury yang diperdagangkan di pasar sekuritas: Treasury bills, Treasury notes, Treasury bonds, and Treasury Inflation Protected Securities (TIPS). Pemerintah federal AS menjual keempat macam sekuritas ini pada sebuah lelang yang diselenggarakan oleh Federal Reserve Bank of New York, dan seterusnya dapat diperdagangkan pada pasar sekunder. Obligasi pinjaman (savings bonds) tidak dapat diperdagangkan, tetapi dapat dikeluarkan untuk publik dan ditransfer hak kepemilikannya sebagai hadiah; begitu pula dengan State and Local Government Series (SLGS) yang hanya dapat dibeli menggunakan hasil penjualan obligasi pemerintah negara bagian dan daerah; serta Government Account Series yang biasanya dibeli oleh lembaga pemerintah federal tertentu.

Sekuritas Treasury dijamin secara penuh dan seluruh (full faith and credit) dari pemerintah federal Amerika Serikat, yang berarti bahwa pemerintah berjanji untuk memenuhi kewajiban pembayarannya dengan cara legal apa pun. Meskipun pemerintah federal merupakan sebuah kekuasaan berdaulat yang dapat menyatakan gagal bayar tanpa konsekuensi apa pun, iiwayat pembayaran balik sekuritas Treasury telah menjadikannya sebagai salah satu instrumen investasi yang berisiko paling rendah di dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wastler, Allen (2009-08-18). "Treasuries and Treasurys ... Why the 'Y'". CNBC. Diakses tanggal 2021-01-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]