Lompat ke isi

Sekolah menengah kebangsaan sura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sekolah Menengah Kebangsaan Sura atau dikenal sebagai semesra, adalah sebuah sekolah menengah negeri yang terletak di Sura, Dungun, Terengganu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekolah Menengah Kebangsaan Sura terletak di sebuah desa di tepi pantai Laut China Selatan. Nama sekolah ini diambil dari nama Desa Sura, tempat sekolah ini berada.

Sekolah ini mulai dibangun pada tahun 1993 dengan luas 7,2 hektar dan mulai beroperasi pada 16 Juni 1995. Pada saat itu, hanya seorang Wakil Kepala Sekolah Kurikulum, Bapak Mat Zali Bin Ismail, yang ditempatkan untuk mengelola dan mengatur sekolah pada tahap awal.

Pada 1 Juli 1995, Sekolah Menengah Kebangsaan Sura (SMKS) mulai dibuka untuk menerima 325 siswa dari kelas 1, 2, dan 4 serta 13 guru yang sebelumnya ditempatkan di Sekolah Menengah Kebangsaan Tengku Intan Zaharah (SMKTIZ). Siswa-siswa dari SMKTIZ ini pindah secara berkelompok ke SMKS, yaitu rumah kediaman mereka yang berada dekat dengan SMKS dan yang berbatasan dengan jalan utama, Kota Dungun ke Kemaman.

Pada awal pembukaan sekolah ini, hanya terdapat 7 kelas, yaitu tiga kelas untuk Kelas Satu, tiga kelas untuk Kelas Dua, dan satu kelas untuk Kelas Empat. Sedangkan jumlah gurunya hanya 14 orang yang terdiri dari 5 guru laki-laki dan 9 guru perempuan serta seorang Asisten Administrasi.

Mulai dari 1 Juli 1995 hingga 9 Desember 1995, sekolah ini tidak memiliki Kepala Sekolah. Tugas mengelola sekolah dilakukan oleh Wakil Kepala Sekolah Kurikulum, Bapak Mat Zali Bin Ismail. Hanya pada 10 Desember 1995, Tuan Haji Abdullah Bin Ali, yaitu Kepala Sekolah SMK Paka, dipindahkan menjadi Kepala Sekolah SMK Sura yang pertama. Namun, beliau tidak lama menjabat karena pada 1 Maret 1996, beliau dipindahkan menjadi Kepala Sekolah SMK Sultan Omar, Dungun.

Pada 1 April 1996, Bapak Abdul Malik Bin Musadali, yaitu Pengawas Sore SMK Ketengah Jaya, diangkat sebagai Kepala Sekolah Kedua SMK Sura. Beliau bertugas hingga 31 Desember 1999 dan kemudian dipindahkan ke SMK Pulau Serai, Dungun.

Bapak Zakariah Bin Ali, yaitu Kepala Sekolah SMK Jerangau, menjadi Kepala Sekolah SMK Sura pada 1 Januari 2000 hingga 31 Januari 2001. Pada 1 Desember 2000, Puan Hajah Midah Bt. Mamat diangkat sebagai Kepala Sekolah Keempat SMK Sura menggantikan Bapak Zakariah Bin Ali yang dipindahkan ke SMK Ketengah Jaya. Puan Hajah Midah Bt. Mamat bertugas sebagai Kepala Sekolah SMK Sura hingga tahun 2009.

Puan Hajjah Salmah Binti Mohd Tahar menggantikan beliau sebagai kepala sekolah hingga tahun 2012, kemudian digantikan oleh Hajjah Raziah Binti Ismail hingga tahun 2014. Kemudian, Haji Mohd Sidek Bin Embong menggantikan Hajjah Raziah hingga tahun 2016. Sekitar tahun 2016 hingga 2019, Che Rashid Bin Sulong adalah kepala sekolah ini. Dari tahun 2022 hingga 2024, kepala sekolah ini adalah Cikgu Husin Bin Muhammad Nor. Cikgu Mustapha bin Chik menggantikan beliau pada tahun 2024 dan masih menjadi kepala sekolah hingga sekarang.

Pada 14 Juni 2024, Wakil Kepala Administrasi Sekolah Menengah Kebangsaan Sura, Cikgu Hasnorlinda, dikonfirmasi meninggal dunia.

Dr. Tengku Muhammad Fakhruddin Bin Tengku Md Fauzi atau lebih dikenal sebagai Dr. Din adalah Anggota Dewan Undangan Negeri Terengganu bagian Sura. Beliau adalah mantan kepala sekolah ini.

Pada tahun 2009, Sekolah Menengah Kebangsaan Sura memiliki 350 siswa laki-laki dan 290 siswa perempuan, sehingga jumlah total siswa sebanyak 640 orang. Sekolah ini memiliki 48 guru.

Pada 3 Desember 2015, teknisi komputer sekolah ini ditemukan meninggal dunia di ruang tamu rumah dinas guru sekolah ini. Beliau bernama Muhammad Hafiz Che Kamarudin yang berusia 31 tahun. Korban yang berasal dari Desa Teluk Ketapang, Kuala Terengganu sudah menikah dan memiliki dua anak. Beliau dikatakan pulang ke Perak untuk mengantar mereka ke rumah saudaranya sebelum kejadian. Beliau telah menghilang selama dua hari sebelum kepala sekolah ini mengarahkan salah satu stafnya memeriksa beliau. Beliau dikonfirmasi meninggal mendadak.

Pada 21 Mei 2019, sebuah artikel telah ditulis oleh Raiham Mohd Sanusi untuk Sinar Harian yang berjudul "SMK Sura terus sertai World #QuranHour". Dalam artikel tersebut, diketahui bahwa sekolah ini telah menerima dana untuk memperluas mushola sekolah yang sebelumnya kecil yang menyebabkan waktu salat dibagi menjadi dua.

Pada tahun 2019, Siti Nurliana Muhamad Nazri, 15 tahun, siswa sekolah ini, bersama temannya, Wan Najmiatul Fadhilah Wan Zailany, 15 tahun, dinobatkan sebagai juara dalam Kompetisi Memasak Chef Remaja Sekolah-Sekolah Menengah Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh MAGGI® (MSSCC) 2019 yang berlangsung di Aeon Kinta City di Ipoh.

Arsitektur sekolah[sunting | sunting sumber]

SMKS dilengkapi dengan tujuh bangunan kelas. Selain itu, sekolah ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas luar biasa seperti toilet (saat ini, hanya terdapat satu toilet pria), ruang komputer, laboratorium ilmu sains, bengkel, kantin, pos keamanan, ruang guru, dapur, ruang nyaman untuk guru, perpustakaan, dan lapangan olahraga, kelas PPki, gudang olahraga, kantin eksklusif untuk tenaga pengajar, tempat upacara, koperasi makanan, koperasi alat tulis, ruang buku teks, kantor, ruang konseling, perpustakaan, lapangan olahraga, ruang pengawas, pos tempat upacara, dan berbagai lagi.

Pengawas sekolah[sunting | sunting sumber]

Sekolah ini memiliki 6 jenis pengawas yaitu pengawas sekolah, pengawas perpustakaan, pengawas penolong teman sebaya, pengawas koperasi, pengawas buku teks, dan pengawas PPki.

Fasilitas olahraga[sunting | sunting sumber]

Olahraga seperti lapangan takraw dan bola voli, serta lapangan sepak bola dan futsal dimainkan di atas padang. Terdapat juga area khusus untuk bermain petanque, bola jaring, lompat tinggi, dan lompat jauh. Lintasan lari akan dicat di lapangan sekolah setiap tahun, sedangkan catur/ping pong di dalam aula sekolah.

Tempat parkir[sunting | sunting sumber]

Di Semesra, terdapat 3 jenis tempat parkir. Area pertama adalah tempat parkir untuk orang tua yang mengantar dan menjemput anak-anak di sekolah. Area kedua adalah area parkir sepeda motor/sepeda, di sinilah tempat siswa yang datang ke sekolah menggunakan sepeda motor atau sepeda memarkir kendaraan mereka. Terakhir, terdapat area parkir untuk guru dan staf sekolah lainnya memarkir mobil/sepeda motor mereka.

Nomor Telepon dan Fax[sunting | sunting sumber]

= 6098484798 = 6098484798

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar Nama Semua Sekolah Menengah di Provinsi Terengganu (Total 151 Sekolah) - per 31 Desember 2017

https://www.moe.gov.my/en/muat-turun/pekeliling-dan-garis-panduan/kokurikulum-dan-kesenian-1/908-swasta-jadualpemarkahanpasukanbdnberuniformbaru2015/file

https://anyflip.com/ttymg/ogus/basic