Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. STISIPOL Pahlawan 12 berdiri pada tanggal 3 Maret 2007.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

STISIPOL Pahlawan 12 didirikan pada tanggal 3 Maret 2007 dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 35/D/0/2007 tentang Pendirian Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 berada di bawah Yayasan Cendekia Bangsa. Yayasan Cendekia Bangsa didirikan oleh Alm Ir. H. Eko Maulana Ali, M. Sc, Ramli Ngadjum, SH, MM, dan Drs. Jamaluddin Alwi, MM.

Pada awalnya Yayasan Cendekia Bangsa hendak mendirikan Universitas Pahlawan 12 (UNIPALAS) pada tahun 2003. Pada waktu itu dibentuk 2 (dua) sekolah tinggi yaitu Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Pahlawan 12 terdiri dari program studi teknik sipil dan teknik pertambangan dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 terdiri dari Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Pada waktu itu pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 masih dalam proses pengkajian oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta.

https://www.enjoybangka.com/2020/10/serunya-kuliah-di-kampus-stisipol.html[1]

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Pada awal berdirinya Stisipol pahlawan 12 dipimpin oleh Drs. Maswan sampai pada tahun 2017, dan sekarang Stisipol Pahlawan 12 diketuai oleh Dr. Darol Arkum yang juga termasuk salah satu pengurus awal berdirinya Stisipol pahlawan 12.

Program studi[sunting | sunting sumber]

Program Studi di Stisipol Pahlawan 12:

  • Ilmu Administrasi Negara (Akreditasi B oleh BAN PT)[2]
  • Ilmu Komunikasi (Akreditasi B Oleh BAN PT)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]