Sekolah Kristen Yusuf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
TK-SD-SMP-SMA Kristen Yusuf
300px
Informasi
Didirikan15 Juli 1967
JenisSwasta
AkreditasiA
Kepala SekolahDR. Jasmin Lantang (Kepala Yayasan)
Debora Tjitjik Soedibjo, S.Pd (SD)
Gathot Sasongko, S.Pd (SMP)
Wiharta Adi Putra, B.A. (National Plus Institution)
Dra. Angreine Serli Bala (SMA)
Jumlah kelas24 kelas
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelasTK, SD (I-VI), SMP (VII-IX), SMA (X-XII)
KurikulumKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa1000+
Alamat
LokasiJl. Arwana II No. 16, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia
Tel./Faks.021-6693111
Situs webkristenyusuf.org
Lain-lain
AfiliasiBinus Center Education Partner (BCEP)
LulusanRusdi Kirana Veronica Tan
Moto

Sekolah Kristen Yusuf adalah sekolah yang berlokasi di Jl. Arwana II No. 16 Penjaringan, Jakarta Utara 14450. Sekolah ini pertama kali berdiri pada 15 Juli 1967 dengan gedung berlantai satu. Kini sekolah ini mempunyai 3 tingkatan lantai dan siswa lebih dari 1000 orang, serta lebih dari 30 pengajar yang berkompeten.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekolah Kristen Yusuf berdiri pada tanggal 15 Juli 1967 yang diprakarsai oleh Robert Lantang, SH dan kerja sama baik dengan Elly Tambunan-Siregar, Arif Rahadi, Johan Tanamas, serta dukungan-dukungan dari Menteri Sosial pada masa itu, Dr. A.M. Tambunan. Ibu Dameria Nelwan, MA membentuk Yayasan Perkembangan Injili Indonesia yang diketuai oleh Ibu Elly Tambunan-Siregar. Dengan usaha kerja keras, yayasan memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan pada tanggal 12 Mei 1967, dan ditunjuklah Ibu Dameria Nelwan, MA sebagai kepala sekolah.

Pada tahun 1968 dibangunlah ruang kelas semi permanen untuk menampung jumlah murid yang semakin bertambah. Berkat bantuan dari berbagai pihak dan orang tua murid, tahun 1969 dibangunlah ruang kelas permanen berlantai dua. Saat itu penambahan ruang kelas merupakan kebutuhan yang mendesak setelah diperolehnya izin penyelenggaraan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi (SMP), tempat menampung lulusan SD.

Sehubungan dengan perubahan kebijakan Penerimaan Siswa Baru ke SLTA Negeri yang mulai berlaku pada tahun ajaran 1989/1990 ini, yayasan yang diprakarsai oleh Ibu DR. Jasmin Lantang, memberanikan diri membuka SMA Kristen Yusuf. Tahun ajaran baru dimulai sejak tanggal 17 Juli 1989.

Pada tahun ajaran 2019-2020, Sekolah Kristen Yusuf meraih gelar sekolah terbaik berdasarkan hasil UN Kemendikbud tahun ajaran 2019-2020 dalam kategory bidang jurusan IPA. SMA Kristen Yusuf masuk peringkat 4 denganTotal rata-rata: 88.33.