Sekar Jatiningrum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sekar Jatiningrum seniman kelahiran Yogyakarta tahun 1969 ini adalah seniman yang sangat terobsesi dengan lukisan-lukisan perempuan dengan kondisi depresi ataupun sedang dealam kondisi tertekan. Sekar Jatiningrum meiliki hubungan khusus dengan lukisannya tersebut banyak sekali lukisannya yang mempunya hubungan dekat dengan Sekar. Banyak pengamat yang berspekulasi bahwa ia mengira bahwa lukisannya hidup.[1]

Inspirasi[sunting | sunting sumber]

Seorang Sekar Jatiningrum pernah mengakui bahwa ia terobsesi dengan tokoh karakter Olenka dari novel yang di buat oleh Budi Darma . DI dalam novel tersebut tokoh Olenka di ceritakan atau ditamnpilkan sebagai seorang perempuan yang "misterius" yang sering hidup di dalam pikirannya sendiri. Karakter tersebut di perkirakan adalah cerminan atau bisa di katakan bahwa karakter Olenka merepresentasikan diri dari seorang Sekar. Dari karakter Olenka tersebutlah di mana Sekar bisa mendapatkan banyak inspirasi untuk lukisan"nya.

Karya[sunting | sunting sumber]

Pada Biennale Jogja pada tahun 2003 Sekar adalah senim pertama yang menggelar pameran tunggal

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 1978-, Dahlan, Muhidin M.,. Almanak seni rupa Indonesia : secara istimewa Yogyakarta. [Jakarta]. ISBN 9789791436298. OCLC 848263279.