Sejarah Zhengzhou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Patung Kaisar Yan dan Huang di Area Pemandangan Indah Sungai Kuning Zhengzhou

Sejarah Zhengzhou, sebuah kota yang saat ini menjadi ibu kota Provinsi Henan, Tiongkok, membentang lebih dari 10.000 tahun, yang pada awalnya sebagai pemukiman Neolitik, hingga kemunculannya menjadi pelabuhan perdagangan selama tahun-tahun terakhir Dinasti Qing.

Zhou Barat kuno[sunting | sunting sumber]

Bola yang ditemukan dari situs Lijiagou (李家沟遗址) yang digali di Xinmi, Zhengzhou berusia antara 10.500 ~ 8.600 tahun yang lalu dan menunjukkan bukti sudah adanya peralatan yang terbuat dari batu pada periode awal dan akhir Neolitik, ketika penduduk daerah itu melakukan transisi dari berburu sebagai mata pencaharian mereka menjadi bercocok tanam secara bersamaan.[1] Di Xinzheng, Zhengzhou, peninggalan Kebudayaan Peiligang berusia 8.000 tahun menandakan bahwa pada saat itu masyarakat setempat sudah memelihara ternak dan membuat kerajinan tangan saat mereka berkembang dari basis aslinya di Cekungan Sungai Kuning untuk mengembangkan fondasi budaya Tiongkok.[2] Reruntuhan Situs Desa Dahe (大河村遗址) di Zhengzhou memberikan contoh model Kebudayaan Yangshao dengan banyaknya fondasi bangunan yang terbuat dari kayu dan tulang serta masih terpelihara dengan baik, gaya arsitekturnya menjadi sumber penting untuk penelitian metode konstruksi Tiongkok kuno.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wang Youping (王幼平); et al. (January 2011). "Principal Finds From the Xinmi Li Family Relic Excavations (新密李家沟遗址发掘的主要收获)". Central Plains Culture (中原文化) (dalam bahasa Chinese) (1). ISSN 1003-1731. 
  2. ^ "Peiligang Culture: Revisiting Chinese Farming Culture's Mysterious Grindstones (裴李岗文化:改写中华农业文明的神秘石磨盘.)" (dalam bahasa Chinese). NetEase 网易历史. June 3, 2009. Diakses tanggal February 2, 2012. 
  3. ^ "Dahecun Ruins. Zhengzhou Municipal Archaeology Research Institute (大河村遗址. 郑州市文物考古研究院)" (dalam bahasa Chinese). May 26, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-04. Diakses tanggal February 2, 2012. 
  4. ^ Neal, Peter (Ed.). Encyclopedia of Prehistory: East Asia and Oceania - Dahecun. hlm. 346.