Sayf al-Din Bakharzi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mausoleum Saifuddin Bakharzi

Abū al-Maʿālī Saifuddīn Saʿīd b. al-Muṭahhar b. Saʿīd Bākharzī (al-Bākharzī, Persia: باخرزی, disingkat Saifuddīn Bākharzī) (1190-1261) adalah seorang penyair, syekh, dan 'ulama yang hidup pada abad ke-13. Seperti yang dikemukakan oleh nisba miliknya, ia lahir dan besar di Bakharz,[1] sebuah distrik di provinsi Quhistan di Khorasan, dan ia menerima pendidikan agamanya di kota Herat dan Nishapur. Ketika dia mencapai keberhasilan luar biasa dalam pengajaran mistik, dia pindah ke Khorezm. Di sana ia menjadi salah satu pengikut terdekat syekh yang sangat populer – Najmeddin Kubra. Setelah itu, menurut penyair terkemuka Abdurahman Djami Boharsi (abad ke-15), Syekh Saifuddin pergi ke Bukhara sebagai guru. Di Bukhara ia dihormati dengan gelar "Syekh al-Alam" ("syekh perdamaian").

Berbeda dengan gurunya, Saifuddin Bakharzi selamat dari invasi Mongol. Dia tinggal sekitar 40 tahun di Bukhara di bawah penguasa baru. Selain itu, ia mempunyai wewenang yang tidak dapat disangkal atas elit penguasa. Misalnya, Berke Khan, yang merupakan saudara laki-laki Batu Khan, pernah mengunjungi Syekh Saifuddin. Karena pertemuan ini, Khan yang berkuasa dari Kipchak atau Gerombolan Emas berpindah ke agama Islam.

Mausoleum yang didedikasikan untuknya dan Bayan-Quli Khan dibangun di pemukiman bernama Fathabad, di sebelah timur Bukhara abad pertengahan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shams, Mohammad Javad; Melvin-Koushki, Matthew (2015). "Bākharzī, Abū al-Maʿālī Sayf al-Dīn"Perlu langganan berbayar. Dalam Madelung, Wilferd; Daftary, Farhad. Encyclopaedia Islamica Online. Brill Online. ISSN 1875-9831. 
  2. ^ Dmitriy Page. Saif ed-Din Bokharzi & Bayan-Quli Khan Mausoleums

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]