Sawan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sawan, yang secara resmi dikenal sebagai kejang epilepsi, adalah periode gejala akibat aktivitas neuronal yang berlebihan atau sinkron secara abnormal di otak.[1] Efek luar bervariasi dari gerakan gemetar yang tidak terkontrol yang melibatkan sebagian besar tubuh dengan kehilangan kesadaran (kejang tonik-klonik), hingga gerakan gemetar yang hanya melibatkan bagian tubuh dengan tingkat kesadaran yang bervariasi (kejang fokal), hingga kehilangan kesadaran sesaat yang halus (kejang absen).[2] Sebagian besar waktu episode ini berlangsung kurang dari dua menit dan perlu beberapa waktu untuk kembali normal. Hilangnya kontrol kandung kemih dapat terjadi.

Kejang dapat diprovokasi dan tidak diprovokasi. Kejang yang dipicu adalah karena peristiwa sementara seperti gula darah rendah, penarikan alkohol, penyalahgunaan alkohol bersama dengan obat resep, natrium darah rendah, demam, infeksi otak, atau gegar otak. Kejang yang tidak diprovokasi terjadi tanpa penyebab yang diketahui atau dapat diperbaiki sehingga kejang yang berkelanjutan mungkin terjadi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fisher, RS; Acevedo, C; Arzimanoglou, A; Bogacz, A; Cross, JH; Elger, CE; Engel J, Jr; Forsgren, L; French, JA; Glynn, M; Hesdorffer, DC; Lee, BI; Mathern, GW; Moshé, SL; Perucca, E; Scheffer, IE; Tomson, T; Watanabe, M; Wiebe, S (April 2014). "ILAE official report: a practical clinical definition of epilepsy". Epilepsia. 55 (4): 475–82. doi:10.1111/epi.12550alt=Dapat diakses gratis. PMID 24730690. 
  2. ^ Misulis, Karl E.; Murray, E. Lee (2017). Essentials of Hospital Neurology (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press. hlm. Chapter 19. ISBN 9780190259433. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi
Sumber luar