Saringan oli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Saringan oli

Saringan oli adalah filter yang dirancang untuk menghilangkan kontaminan dari oli mesin, oli transmisi, pelumas, atau oli hidrolik. Penggunaan utamanya adalah pada mesin pembakaran internal untuk kendaraan bermotor (baik on-road maupun off-road), pesawat bertenaga, lokomotif kereta api, kapal dan perahu, dan mesin statis seperti generator dan pompa. Sistem hidrolik kendaraan lain, seperti itu pada transmisi otomatis dan power steering, seringkali dilengkapi dengan saringan oli. Mesin turbin gas, seperti pada pesawat jet, juga membutuhkan penggunaan saringan oli.

Mesin mobil masa awal tidak memiliki saringan oli, hanya memiliki saringan mesh yang belum sempurna yang ditempatkan di intake pompa oli. Akibatnya, seiring dengan kualitas oli yang umumnya rendah, penggantian oli sangat sering diperlukan. Saringan oli "Purolator" adalah saringan oli pertama untuk mobil; itu merevolusi industri filtrasi, dan masih dalam produksi hari ini.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fleet Maintenance magazine on Purolator history". Webcitation.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 24, 2009. Diakses tanggal 2013-01-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]