Sarafan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Sarafan adalah pakaian tradisional Rusia. Sarafan diambil dari Bahasa Persia di Iran yang berarti pakaian dari kepala hingga kaki. Istilah ini pertama kali muncul pada abad ke-12 dan 13.

Dahulu sarafan dikenakan oleh kaum pria dan wanita. Saat itu sarafan berbentuk jubah linen panjang dengan lengan panjang. Namun sejak abad ke-18, sarafan hanya dikenakan oleh kaum wanita Rusia saja.

Sarafan memiliki tiga model, yakni trapedzoidal sarafan 'sarafan trapesium', straight Moscow 'sarafan lurus' dan the bodice sarafan 'sarafan korset'. Perbedaan di antara ketiganya hanya terletak pada cara pembuatannya.

  1. Sarafan trapesium adalah sarafan yang dibuat dengan menggabungkan dua potong kain dengan tatahan lebar yang terdapat di sisi-sisinya. Bentuk dari model ini simpel dengan panjang hingga 80 cm.
  2. Sarafan lurus "Moskow" adalah sarafan yang hanya dibuat dari dua potong kain lurus yang disatukan secara bersama di bagian atas pakaian.
  3. Sarafan korset dikenal sebagai sarafan yang paling modis. Kesan lain yang ditimbulkan saat seseorang memakainya adalah modern. Pada sarafan jenis ini terdapat podoplyoka atau lapisan. Model ini menerapkan rok penuh yang dilekatkan pada korset.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fedorova, Inna (2014-05-11). "The enduring elegance of the sarafan" (dalam bahasa American English). Diakses tanggal 2017-10-10.