Sang Perawan dari Montserrat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sang Perawan dari Montserrat, atau La Moreneta dalam pajangannya

Sang Perawan dari Montserrat adalah sebuah patung Sang Perawan Maria dan bayi Yesus yang dihormati di Biara Santa Maria de Montserrat di Gunung Montserrat di Catalonia. Patung ini adalah salah satu dari patung Madonna hitam dari Eropa, yang memberikannya nama julukan terkenal dalam Bahasa Catalan La Moreneta (Yang Sedikit Berkulit Gelap). Dipercaya oleh beberapa pihak kalau patung ini dibuat di Yerusalem pada masa-masa awal gereja, patung ini adalah sebuah karya seni Romanesko dari kayu yang berasal dari akhir abad ke-12.

Legenda menyebutkan bahwa para biarawan Benediktin tidak mampu untuk memindahkan patung tersebut untuk bisa membangun biara mereka, sehingga akhirnya mereka membangun biaranya di sekeliling patung tersebut. Tempat pajangan patung ini terletak di bagian belakang kapel dimana sebuah altar dari emas mengelilingi patung ini. Sekarang tempat ini menjadi salah satu tempat ziarah.

Saat dirinya sembuh dari luka-luka akibat peperangan, Santo Ignasius Loyola mengunjungi Biara Benediktin di Montserrat (tanggal 25 Maret 1522) dimana ia menggantungkan perlengkapan militernya di hadapan patung tersebut. Ia kemudian memulai masa pertapaan sebelum akhirnya kemudian mendirikan Serikat Yesus.

Pada tanggal 11 September 1844, Paus Leo XIII mengangkat Sang Perawan dari Montserrat sebagai Santa Pelindung Catalonia (Santo George adalah Santo Pelindung lainnya).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]