Lompat ke isi

Sampaloc, Manila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sampaloc merupakan sebuah distrik di Manila, Filipina. Ini juga merujuk pada suatu kumpulan universitas dan kolese yang diseut Sabuk Universitas (atau sederhananya disebut University belt/"U-belt" jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris). Salah satu universitas dan kolese yang ditemukan di sana adalah Universitas Santo Tomas, universitas tertua di Asia.

Sampaloc terkenal karena pasar bunga Dangwa, yang berlokasi di jalan Dimasalang, dan dikenal sebagai pusat penjualan bunga potong di Filipina, utamanya kota Baguio. Sampaloc juga tempat rumah besar bekas kolonial, sekarang itu disebut Windsor Inn.

Ada beberapa jalan di Sampaloc, terutama di bagian timur laut kota yang dipisahkan jalan España dan Lacson serta nama-nama jalan di kota Quezon, yang memiliki nama yang secara langsung berhubungan dengan pahlawan nasional Filipina Jose Rizal, atau diberi nama sesuai dengan tokoh-tokoh dalam ceritanya, atau tempat-tempat seperti Calamba dan Dapitan.

Pendidikan

[sunting | sunting sumber]

Pendidikan di Sampaloc dikelola oleh Divisi Sekolah Kota – Manila. Sampaloc juga rumah beberapa universitas dan kolese yang bagian dari Sabuk Universitas.

Gedung Utama Universitas Santo Tomas

Orang-orang terkenal

[sunting | sunting sumber]