Lafasah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Salvelinus)
Lafasah
Periode Late Miocene - present[1]
Salvelinus

Arctic char, Salvelinus alpinus alpinus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoSalmoniformes
FamiliSalmonidae
GenusSalvelinus
Richardson, 1836
Subgenera
  • Baione DeKay, 1842
  • Cristovomer Walbaum, 1792
  • Salvelinus J. Richardson, 1836

Salvelinus adalah genus ikan salmon yang sering disebut lafasah atau ikan sar. Salvelinus adalah anggota subfamili Salmoninae dalam keluarga Salmonidae . Genus ini mempunyai distribusi sirkumpolar utara, dan sebagian besar anggotanya biasanya adalah ikan air dingin yang terutama menghuni perairan tawar. Banyak spesies juga bermigrasi ke laut.

Kebanyakan lafasah dapat dikenali dari bintik-bintik berwarna krem muda, merah muda, atau merah di bagian tubuh yang lebih gelap. Sisiknya cenderung kecil, dengan panjang 115–200 di sepanjang gurat sisi . Sirip dada, panggul, dubur, dan bagian bawah sirip ekor dipangkas dengan tepi depan berwarna putih salju atau krem.

Banyak dari anggota genus ini merupakan ikan lomba yang populer, dan beberapa di antaranya, seperti lafasah danau ( S. namaycush ) dan lafasah arktik ( S. alpinus ) merupakan objek perikanan komersial dan/atau budidaya perairan . Kadang-kadang ikan tersebut melarikan diri dan menjadi spesies invasif .

Keanekaragaman spesies[sunting | sunting sumber]

Seperti genera salmon lainnya, penetapan batas spesies di Salvelinus masih kontroversial. FishBase pada tahun 2015 mendaftarkan 54 spesies atau subspesies dalam genus ini, banyak di antaranya memiliki sebaran lokal yang sangat sempit. Empat belas spesies lokal terdaftar di Kepulauan Inggris saja, meskipun secara tradisional, dan masih dilakukan oleh otoritas konservasi dan perikanan nasional, semuanya dianggap mewakili lafasah Arktik ( S. alpinus ) yang tersebar luas. Dua puluh spesies terdaftar dari Rusia bagian Asia, termasuk beberapa taksa lokal dari masing-masing semenanjung Kamchatka, Chukotka, dan Taimyr . Salah satunya adalah lafasah sirip-panjang, yang secara filogenetik merupakan bagian dari kelompok Salvelinus tetapi sejauh ini diklasifikasikan ke dalam genus monotipnya Salvethymus . [2]

Lafasah Arktik ( S. alpinus ) adalah spesies Salvelinus yang paling luas penyebarannya. Ia mempunyai sebaran sirkumpolar, dan dianggap sebagai ikan air tawar paling utara. Di Amerika Utara, terdapat lima spesies yang relatif jelas, yang selain lafasah Arktik, terdiri dari lafasah sungai ( S. fontinalis ), lafasah banteng ( S. confluentus ), lafasah Dolly Varden ( S. malma ) dan lafasah danau ( S. namaycush ).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sepkoski (2002)
  2. ^ Alexander G. Osinov, Anna L. Senchukova, Nikolai S. Mugue, Sergei D. Pavlov, Igor A. Chereshnev (2015) Speciation and genetic divergence of three species of charr from ancient Lake El'gygytgyn (Chukotka) and their phylogenetic relationships with other representatives of the genus Salvelinus Biological Journal of the Linnean Society 116, 63–85.