Salma binti Amr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jennah binti Mattab
LahirJennah
Hijaz, Arabia
MeninggalYatsrib, Hijaz
Karya terkenalPedagang
Suami/istriHasyim bin Abdu Manaf
Anak
KeluargaBani Najjar dari (suku Khazraj)

Dia adalah istri dari Hasyim bin Abdu Manaf, dan nenek buyut dari nabi Islam Muhammad. Dia adalah salah satu wanita paling berpengaruh dari suku Bani Khazraj dan putri 'Amr dari klan Bani Najjar, salah satu suku di Madinah. Dia berdagang dan berurusan dengan karavan atas namanya sendiri.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Hasyim bin Abdu Manaf biasa melewati Yatsrib (nama kuno untuk Madinah) setiap tahun dan mengadakan pasar di Suq al-Nabt; perhatiannya tertuju pada sikap berdagang Salma yang periang dan berwibawa, dan mulai menyelidikinya dengan bijaksana. Dia segera mengetahui bahwa dia terkenal dan dihormati, dan banyak dicari (sedemikian rupa sehingga dia sebelumnya telah memilih suami dan menceraikan mereka sesuka hatinya, dan dia hanya memilih yang terbaik). Dia adalah wanita yang kuat yang menikmati posisi dan prestise sukunya sendiri, dan tidak berniat meninggalkan pendirian rumah dan kelompok keluarganya. Dia tinggal di rumahnya sendiri, dan menikah dengan pria yang mencarinya.

Salah satu suami Salma adalah prajurit-pemimpin Uhaihah bin Julah dari Bani Jahjaba, seorang selebriti terkemuka dalam perang antarsuku pada periode pra-Islam, yang memiliki salah satu benteng terbesar di Quba di pinggiran Yatsrib, Utum ad-Dihyan. Salma memiliki dua putra darinya, Amr dan Mabad. Suaminya yang lain adalah kerabatnya Malik bin Adiy dari Bani Najjar, yang darinya dia memiliki dua anak perempuan, Mulaikah dan Nuwwar. Yang lainnya adalah Auf bin Abdul Auf bin Abid bin Harits bin Zuhrah, dari siapa dia memiliki putri Syifa binti Auf.[1]

Reputasi Hasyim sendiri sedemikian rupa sehingga dia tidak mengharapkan Salma selain dihormati dan senang dengan lamarannya. Namun, dia segera menemukan kekecewaannya bahwa meskipun dia pasti siap untuk mempertimbangkannya, dia hanya akan menikah dengannya dengan persyaratannya sendiri, yang utama adalah dia setuju untuk membiarkan dia tetap di rumahnya sendiri di Yatsrib, mengendalikan urusannya sendiri dan bisnis sepenuhnya sendiri seperti yang biasa dia lakukan, tidak pergi bersamanya ke Mekkah untuk bergabung dengan rumah tangganya, dan ketika dia melahirkan seorang anak laki-laki, dia menjaga anak laki-laki itu bersamanya di Yatsrib sampai dia berusia 14 tahun atau lebih.[2][3]

Hasyim menerimanya, dan pernikahan dilangsungkan, dengan pengaturan bahwa keduanya harus melanjutkan hidup mereka seperti sebelumnya, tetapi Hasyim akan mengunjungi dan tinggal di rumahnya setiap kali dia datang ke Yatsrib, pengaturan tersebut cocok untuk keduanya. Dia menghabiskan beberapa waktu bersamanya kemudian dia pergi ke Syam (sekarang Suriah) lagi saat dia hamil.

Anak-anak[sunting | sunting sumber]

Salma melahirkan 'Abdul Muttalib pada tahun 497 M dan menamainya Syaiba yang berarti "yang kuno" atau "berambut putih" (dapat juga disebut sebagai uban) untuk garis rambut putih di tengah rambut hitam di kepalanya.[4]

Sekali lagi, diskusi terjadi. Suaminya ingin memiliki putra mereka bersamanya di Makkah segera setelah dia disapih, tetapi Salma tidak ingin berpisah darinya, atau dirinya sendiri untuk pergi dan tinggal di rumah tangganya, jadi dia bersikeras bahwa pendidikannya harus tetap menjadi tanggung jawabnya. dan bahwa dia harus tinggal di oasis Yatsrib untuk dibesarkan di rumah ayahnya. Sekali lagi, Hasyim mengabulkan. Tak satu pun dari keluarga Hasyim di Makkah mengetahui kelahirannya pada saat itu. Tak lama setelah itu Salma melahirkan Hasyim anak kedua, seorang putri, Ruqayyah.[1] Suaminya meninggal setelah jatuh sakit dalam perjalanan kembali dari perjalanan bisnis ke Suriah di Gaza, dan Tanah Suci.

Kakak iparnya, Muthalib bin Abdu Manaf pergi menemui Syaibah ketika dia berusia sekitar delapan tahun dan meminta Salma untuk mempercayakan Syaibah dalam perawatannya. Salma tidak mau membiarkan putranya pergi dan bocah itu menolak meninggalkan ibunya tanpa persetujuannya. Muthallib kemudian menunjukkan bahwa kemungkinan yang ditawarkan Yatsrib tidak ada bandingannya dengan Makkah. Salma terkesan dengan argumennya, jadi dia setuju untuk melepaskannya.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Maqsood, Ruqaiyyah Waris. "The Prophet's Family Line No. 4 – Amr (Hashim), the Founder of the Hashimites". Ruqaiyyah Waris Maqsood Dawah. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 May 2008. Diakses tanggal 4 August 2011. 
  2. ^ Ibn Kathir 1.131, from Zuhri, suggests Hashim stayed in her father’s house
  3. ^ a b Lings, Martin (1983). Muhammad: His Life Based on the Earliest Sources. George Allen & Unwin. hlm. 8. ISBN 0946621330. 
  4. ^ Ibn Hisham 1/137; Rahmat- ul- lil’alameen 1/26,2/24