Saja noreum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sajachum)
Saja noreum dari Bukcheong.

Saja noreum (사자놀음; "permainan singa"), sajachum, sajamu ("tarian singa") adalah jenis talchum yang menampilkan tarian singa tradisional Korea.[1] Dua orang mengenakan topeng dan badan yang meniru singa lalu menari mengiringi musik. Saja noreum sering kali dimainkan pada hari raya seperti Daeboreum.[1] Tradisinya, pada masa lalu pertunjukkan ini ditampilkan untuk mengusir arwah jahat dari rumah-rumah dan desa.[1] Di beberapa daerah saja noreum dinamakan saja nori atau juji noreum yang maknanya sama.[1] Beberapa jenis tari topeng menampilkan saja noreum antara lain Bongsan Talchum dan Eunyul Talchum.[2][3] Pementasan tari singa yang paling populer adalah Bukcheong saja noreum yang berasal dari kabupaten Bukcheong, Provinsi Hamgyeong Selatan (sekarang di Korea Utara), tetapi di Korea Selatan merupakan Warisan Budaya Nonbendawi Korea yang dilindungi sejak tahun 1967.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) Choe, Sang-su (1983). Annual Customs of Korea. Seomundang Publishing Company, Seoul, Republic of Korea. hlm. 21. 
  2. ^ (Inggris) Passport to Korean Culture. Korean Culture and Information Service - Ministry of Culture, Sports and Tourism , Seoul, Republic of Korea. 2010. hlm. 122. ISBN 978-89-7375-153-2 03910.  line feed character di |publisher= pada posisi 81 (bantuan)
  3. ^ Eunyul talchum (Mask dance drama of Eunyul)[pranala nonaktif permanen], ichcap.org. Diakses pada 10 Januari 2011.
  4. ^ Bukcheong sajanoreum (Lion mask dance of Bukcheong) Diarsipkan 2012-03-17 di Wayback Machine., ichcap.org. Diakses pada 10 Januari 2011.