Sadau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alat dayung

Sadau adalah alat yang digunakan untuk penggerak sebuah kapal di air. Sadau memiliki bilah pipih di salah satu ujungnya. Pendayung memegang dayung di ujung lainnya. Sadau (Oar) sering disamakan dengan dayung (paddle)

Dalam mendayung, sadau dihubungkan ke kapal melalui titik poros untuk sadau, baik sadau atau tiang. Sadau ditempatkan di titik poros dengan porsi yang pendek di dalam kapal, dan porsi yang jauh lebih besar di luar. Pendayung menarik ujung pendek sadau, sedangkan ujung panjang ada di dalam air. Sadau adalah pengungkit kelas dua dengan air sebagai tumpuan, sadau sebagai beban, dan pendayung sebagai tenaga. Sadau adalah tuas yang tidak biasa karena keunggulan mekanisnya kurang dari satu. Sadau meningkatkan perpindahan kecil ujung yang dipegang oleh pendayung, menjadi perpindahan besar kapal melalui air. Pendayung memberikan gaya yang besar pada jarak yang kecil, yang harus disamakan dengan gaya kecil yang diterapkan air untuk beroperasi pada jarak yang lebih jauh, yaitu pekerjaan yang dilakukan oleh pendayung harus diimbangi dengan usaha yang dilakukan oleh air.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2011 FISA Rule Book". FISA. hlm. 53. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-29. Diakses tanggal 19 January 2013. 

Konsep Pranala luar[sunting | sunting sumber]