Saarlouis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Saarlouis
Ludwigskirche (Gereja Santo Louis)
Ludwigskirche (Gereja Santo Louis)
Lambang Saarlouis
Coordinates missing!
Administrasi
Negara Jerman
Negara bagian Saarland
Distrik Saarlouis
Pembagian kota 8
Wali kota Roland Henz (SPD)
Statistik dasar
Area 4.327 km2 (1.671 sq mi)
Elevasi 181 m  (594 kaki)
Populasi 38.189  (5 September 2007)
 - Kepadatan 883 /km2 (2.286 /mil²)
Informasi lain
Zona waktu CET/CEST (UTC+1/+2)
Tanda nomor kendaraan bermotor SLS
Kode pos 66740
Kode wilayah 06831
Situs web www.saarlouis.de
Lokasi kota Saarlouis di distrik Saarlouis
Map

Saarlouis (pengucapan bahasa Jerman: [ˌzaːɐ̯luˈiː]; bahasa Perancis: Sarrelouis, pengucapan bahasa Perancis: [saʁlwi]) adalah sebuah kota yang terletak di Saarland, Jerman. Kota ini juga merupakan ibukota distrik dengan nama yang sama. Saarlouis terletak di tepi Sungai Saar. Pada tahun 2006, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 38.327 jiwa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah disepakatinya Perjanjian Nijmegen pada tahun 1678/79, wilayah Lorraine jatuh ke tangan Perancis. Pada tahun 1680, Raja Louis XIV dari Perancis memerintahkan pembangunan sebuah benteng di tepi timur Sungai Saar yang disebut Sarre-Louis. Insinyur militer Perancis yang ternama, Sébastien Le Prestre de Vauban, membangun kota ini, sementara rancangannya dibuat oleh Thomas de Choisy, Gouvenour pertama kota ini.

Selama Revolusi Perancis, nama kota ini diganti menjadi Sarre-Libre, tetapi namanya dikembalikan seperti semula pada tahun 1810. Seusai disepakatinya Perjanjian Paris pada tahun 1815, Saarlouis diserahkan kepada Prusia.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Saarlouis dikenal akan industri baja dan bijih besinya. Saat ini, Ford Motor Company merupakan perusahaan yang memberikan mata pencaharian untuk sebagian besar warga kota ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]