STS-114

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lambang misi

STS-114 adalah misi luar angkasa ke-31 Discovery. Diluncurkan pada tanggal 26 Juli 2005 dan selesai pada tanggal 9 Agustus 2005. Misi ini bertujuan untuk membawa pasokan bagi International Space Station.

Misi ini disebut sebagai "Return to Flight" (kembali ke angkasa), dan merupakan peluncuran pertama setelah musibah Columbia pada tahun 2003. Peluncuran STS-114 terjadi 907 hari (29 bulan) setelah musibah tersebut.

Karena cuaca buruk di Kennedy Space Center, Florida, pesawat ulang-alik ini mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California, sebuah tempat pendaratan sekunder.

Masalah yang terjadi dalam kehancuran Columbia — debris yang berhamburan dari tank luar selama naik — tak terduga terjadi kembali selama peluncuran Discovery. Sebagai akibatnya, pada tanggal 27 Juli National Aeronautics and Space Administration memutuskan untuk menunda penerbangan wahana berikutnya sambil menunggu modifikasi perangkat keras penerbangan. Pada tanggal 4 Juli 2006, NASA kembali meluncurkan penerbangan luar angkasa dengan STS-121.

Kru[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]