STIE Perbanas Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari STIE Perbanas)
Lompat ke: navigasi, cari
STIE Perbanas Jakarta
Didirikan 19 Februari 1969
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Dr. Fatchudin
Lokasi Jakarta, Indonesia
Situs web Situs resmi

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jakarta, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berawal dari pendirian Yayasan Pendidikan Perbanas (YPP) pada 19 Februari 1969 yang menyelenggarakan Akademi Ilmu Perbankan, yang berkembang menjadi Akademi Akuntansi dan Perbankan, dan saat ini menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta. Melalui Surat Keputusan Dikti pada 24 Oktober 2007 disetujui penggabungan STIE PERBANAS dan STIMIK PERBANAS menjadi satu Perguruan Tinggi Bernama ABFI INSTITUTE PERBANAS Kepanjangan dari "ASIAN BANKING FINANCE and INFORMATICS INSTITUTE of PERBANAS".

Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta adalah lembaga pendidikan tinggi pertama yang menyelenggarakan pendidikan di bidang keuangan dan perbankan. Lembaga ini berawal dari Yayasan Pendidikan Perbanas (YPP) yang didirikan secara resmi sebagai badan hukum pada 19 Februari 1969. Saat itu Yayasan Pendidikan Perbanas mendirikan Akademi llmu Perbankan, yang kemudian berkembang menjadi Akademi Akuntansi dan Perbankan (AAP) dan kini menjadi STIE Perbanas Jakarta. Saat ini STIE Perbanas memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi.

Seluruh bangunannya mencapai 22.820 meter persegi, yang terdiri dari enam unit bangunan bertingkat, lengkap dengan sarana dan prasarana pendidikan, seperti ruang-ruang kelas ber-AC, Perpustakaan seluas dua lantai, berbagai jenis laboratorium, auditorium, ruang seminar, taman belajar, kantin, mesjid, poliklinik dan lain-lain. STIE Perbanas Jakarta merancang dan mendesain kurikulum, serta proses pembelajaran yang berorientasi pada penciptaan kompetensi serta kualitas lulusan yang tinggi pada masa depan; didukung staf pengajar berkualitas tamatan dari berbagai perguruan tinggi terbaik dari dalam dan luar negeri, yang akan menjadi fasilitator bagi pengembangan modal intelektual sumber daya manusia melalui proses pembelajaran yang berkualitas, berdasarkan nilai-nilai pengetahuan, kreatifitas pembelajaran sepanjang hidup (life long education) serta nilai-nilai kemanusiaan yang merupakan komitmen STIE Perbanas sepanjang masa.

Makna Lambang ABFI Istitute Perbanas

Logo ABFI Institute Perbanas melambangkan:

  • Warna abu-abu menggambarkan dasar yang kuat, yang mengindikasikan bahwa ABFI Institute Perbanas sebagai sebuah organisasi berkomitmen dan berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan masyarakat;
  • Warna biru menggambarkan kepercayaan dan kesetiaan;
  • Warna hijau menggambarkan pertumbuhan ABFI Institute Perbanas;
  • Warna-warna simbol berkaitan satu dengan yang lain searah jarum jam, mengindikasikan pergerakan positif dengan menekankan profesionalisme, komitmen, kepercayaan, dan kesetiaan serta pertumbuhan;
  • Tipografi logo menggunakan huruf besar untuk menggambarkan kekuatan dan profesionalisme ABFI Institute Perbanas dan seluruh pemangku kepentingannya; ABFI Institute Perbanas ditampilkan sebagai deskriptor, yang berfungsi untuk menetapkan peranannya di dunia perbankan dalam bidang Keuangan-Perbankan dan Informatika; Bentuk kubus menggambarkan kesatuan dari keseluruhan faktor yang berkaitan dengan ABFI Institute Perbanas dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi; Bulatan di dalamnya melambangkan nilai inti secara utuh;

Transparansi kubus mencerminkan ABFI Institute Perbanas sebagai lembaga pendidikan yang transparan dan terbuka.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

STIE Perbanas memiliki kampus di Jakarta dan surabaya (Jl. Karet Kuningan) di atas tanah seluas 13.372 m2 dengan luas bangunan seluruhnya 22.820 m2 yang terdiri atas enam unit bangunan bertingkat.

Program yang Dikelola[sunting | sunting sumber]

Terdapat dua jurusan, yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi untuk strata satu (S1) dan diploma tiga (D3).

Selain itu STIE Perbanas juga mengelola Program Pascasarjana yang berdiri sejak 10 Desember 1999 dengan membuka tiga konsentrasi, yaitu Keuangan dan Perbankan, Pemasaran dan Sumber Daya Manusia. Yang Terbaru Konsentrasi Perbankan Syariah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]