STAI Al-Hamidiyah Bangkalan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
Nama sebelumnya
STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
MotoTerampil, Religius, dan Berwawasan Bangsa
Jenis
Didirikan2003
Afiliasi keagamaan
Islam
RektorAhmadi, S.Pd.I. M.Pd.
Jumlah mahasiswa500 orang
Jumlah mahasiswa lain
75 orang
Lokasi,
Hujau, Kuning, Putih
AlamatJl. KH. Zarkasyi No. 74, Pondok Pesantren Al-Hamidiyah, Senasen, Kabupaten Bangkalan
Nama julukanSTAMIDIYA
Situs webhttp://alhamidiyah.ac.id/

STAI Al-Hamidiyah Bangkalan adalah Perguruan Tinggi Islam Swasta yang berada di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. STAI Al-Hamidiyah adalah kampus peradaban berbasis pesantren.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Seorang ulama kharismatik, KH. Zarkasy dengan tulus dan ikhlas mendirikan Pondok Pesantren Al-Hamidiyah. Awalnya pengelolaan dengan menejemen tradisional, sejak tahun 1962-1990 muatan pembelajaran lebih berorentasi pada sistem pendidikan Diniyah Salafiyah. Selanjutnya, generasi pertama yakni KH. Abdullah Dahlawie Zarkasy meneruskan perjuangan setelah menyelesaikan rihlah ilmiah dan menamatkan Pendidikan S1 di Bahrul Ulum Jombang, maka sejak tahun 1990 inisiatif pengembangan pendidikan dengan menejemen formal dilakukan. Pada tahun itu juga, MI Al-Hamidiyah resmi mendapatkan Ijin Operasional dari Departemen Agama. Dua tahun setelahnya, pada tahun 1992 payung hukum atau Akta notaris Yayasan Pendidikan Islam Al-Hamidiyah disingkat YAPISA dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Bangkalan, setelah itu tahun 1993 MTs Al-Hamidiyah didirikan, dan MA Al-Hamidiyah pada tahun 1995 berdiri .

Perjuangan terus dilanjutkan, walaupun secara geografis daerah Konang tergolong terpencil dan tertinggal. Kegigihannya membawa hasil, pada tahun 2003 bersama dengan tokoh masyarakat Kecamatan Konang dan didukung semua instansi terkait, seperti Departemen Agama Bangkalan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, lembaga-lembaga Madrasah Aliyah dan Sekolah lanjutan atas (SMA Blega, MA Darul Muttaqin Blega, SMA Al-Bakriyah Blega, SMA Ulul Albab Blega, SMK Suramadu Blega, MA Al-Ibrohimy Konang, MA Al-Hamidiyah Konang, SMKN Tambelengan), dan seluruh akademisi se kecamatan Konang menyepakati untuk mendirikan STAI Al-Hamidiyah Bangkalan yang lokasinya diletakkan di lingkungan Yayasan Al-Hamidiyah Sen Asen Konang Bangkalan.

Hasil kesepakatan tersebut, mendapatkan respon positif dan dukungan penuh dari pihak Kopertais wilayah IV Surabaya. Tepatnya, tanggal 24 Oktober 2004 mendapatkan SK Ijin Operasional dari Dirjen Bagais Departemen Agama RI No. Dj.II/27/2004. Tahun itu juga, STAI Al-Hamidiyah Bangkalan diresmikan dan dihadiri oleh Bapak Said Agil Husin Al-Munawwar dengan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI). SK tersebut diperpanjang melalui SK Dirjen Pendidikan Islam No. DJ.I/385/2008 tanggal 27 Oktober 2008.

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Ketua[sunting | sunting sumber]

  • Dr. H. Abd. Adhim. MA. Ketua Pertama (2003 s.d 2018)
  • Ahmadi, S.Pd.I., M.Pd. (Sejak 01 Agustus 2018 s.d sekarang)

Ketua Program Studi[sunting | sunting sumber]

  • Kholil Yasin, M.Pd.I

Fakultas[sunting | sunting sumber]

  • Fakultas Tarbiyah
    1. Prodi Pendidikan Agama Islam

Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Unit Kreativitas Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

  • Keagamaan
    1. UKM Majlis Dzikir dan Istighasah
    2. UKM Jami'atul Qurro' wal Huffadz
    3. Voice Gold
  • Jurnalistik
    1. Lembaga Pers Mahasiswa
    2. STAMIDIYA Menulis
  • Seni
    1. UKM Seni Islami
    2. UKM Paduan Suara Mahasiswa (NADA STAMIDIYA)
    3. UKM Teater (Milenial)
  • Olahraga dan Bela Diri
    1. UKM Futsal
    2. UKM Bulu Tangkis
    3. UKM Bola Voli
    4. UKM Pagar Nusa
    5. UKM Persaudaraan Setia Hati Terate

Referensi[sunting | sunting sumber]

https://www.maduraindonesia.com/stamidiya-sekolah-tinggi-agama-islam-al-hamidiyah-bangkalan.html Diarsipkan 2020-01-29 di Wayback Machine.

https://jpp.go.id/humaniora/sosial-budaya/307786-menag-dan-syekh-muhammad-ismail-hadiri-wisuda-stai-al-hamidiyah-bangkalan Diarsipkan 2020-01-29 di Wayback Machine.

https://pddikti.ristekdikti.go.id/data_pt/MDQ1MDlDNTEtRTM0NS00MDFBLThBRjItMDhBOTQyMDE3MDk0 Diarsipkan 2020-01-29 di Wayback Machine.

http://maduranewsmedia.com/terkini/tingkatkan-persaudaraan-antara-alumi-stai-alhamidiyah-gelar-acara-buka-puasa-bersama/

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

STAI Al-Hamidiyah Bangkalan