SMP Joannes Bosco Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SMP Joannes Bosco Yogyakarta adalah sebuah sekolah menengah pertama yang terletak di Yogyakarta yang dibawah tanggung jawab Yayasan Santo Dominikus Cabang Yogyakarta.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMP Joannes Bosco Yogyakarta adalah sekolah menengah pertama yang terletak di jln.mlati wetan 51-53, Baciro, Yogyakarta. Sekolah ini dibawah kepengurusan Yayasan Santo Dominikus cabang Yogyakarta. SMP Joannes Bosco diresmikan pertama kali oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 22 Januari 2009. Sebelum berganti nama menjadi SMP Joannes Bosco, sekolah ini bernama SMP Pangudi Luhur 2 Yogyakarta. Karena SMP Pangudi Luhur 2 Yogyakarta yang dikelolah oleh suster-suster OP ini sudah berkembang dengan baik dan mandiri maka suster-suster yang bernaung dalam Yayasan Dominikus berani untuk memisahkan diri dari Yayasan Pangudi Luhur dan menjadi sekolah mandiri dibawah Yayasan Santo Dominikus Cabang Yogyakarta. Dengan perubahan nama menjadi SMP Joannes Bosco, sekolah ditantang untuk terus berkembang demi memperkembangkan siswa-siswi yang belajar di sekolah ini. Beberapa usaha telah dilakukan oleh sekolah untuk memajukan diri diantaranya menggunakan metode multiple intelligences dalam setiap pelajaran diskolah. Multiple intteligences atau kecerdasan ganda diadopsi oleh sekolah karena setiap anak pada dasarnya cerdas, hanya saja kecerdasan pada setiap anak berbeda-beda posisinya. Ada anak yang cerdas pada segi musical, ada yang cerdas pada segi logis matematis dan sebagainya. Untuk mendukung pelaksanaan multiple intelligence ini sekolah juga menyediakan berbagai fasilitas dan juga ekstrakurikuler yang beragam. Jenis ekstrakurikuler yang ditawarkan di SMP Joannes Bosco ini sangat beragam, dari ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan bakat siswa dalam hal ketangkasan atau olahraga sampai ekstrakurikuler untuk semakin mengasah kemampuan kognitif siswa.ekstrakurikuler ini makin bertambah semakin banyak-banyak para siswa siswi SMP Joannes Bosco...

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Ekstrakurikuler sekolah memang bertujuan untuk menjadi wadah bagi para siswa untuk menyalurkan bakat yang dimiliki dan juga sebagai sarana rekreasi setelah dari pagi hingga siang harinya berkutat dengan pelajaran. Berbagai piala kejuaran telah dimenangkan oleh para siswa-siswi yang tergabung dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Ekstrakurikuler karate sudah memenangkan berbagai kejuaran baik di tingkat kota maupun provinsi bahkan salah satu siswa SMP Joannes Bosco juga terpilih untuk mengikuti kejuaran karate tingkat nasional yang diadakan di Lampung. Ekstra English Club juga berhasil mengharumkan nama sekolah dengan berbagai prestasi yang telah diukir dalam berbagai ajang lomba dan masih banyak lagi prestasi yang lainya. Fasilitas SMP Joannes Bosco juga semakin meningkat dan lengkap. Laboratorium MIPA dilengkapi untuk menunjang program moving class. Program moving class mulai dirintis pada tahun 2009. Siswa yang mengikuti pelajaran Matematika berpindah dari kelas regular menuju ruang kelas Matematika, begitu juga untuk kelas Biology, Fisika dan Kimia.

Saat Ini[sunting | sunting sumber]

Setiap tahun SMP Joannes Bosco terus berbenah seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin maju. Dengan moto Care, Share, and Grow, SMP Joannes Bosco mencoba untuk menawarkan suatu pendidikan yang tidak hanya mengedepankan sisi ilmu pengetahuan tetapi juga sisi humanisme.