SMK Negeri 6 Palembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMK Negeri 6 Palembang
150px
Informasi
Didirikan 9 Desember 1976
Jenis Negeri
Akreditasi A
Program/jurusan/
peminatan
Patiseri
Busana & Butik
Tata Boga
Akomodasi Perhotelan
Tata Kecantikan Kulit
Tata Kecantikan Rambut
Rentang kelas X-XII
Alamat
Lokasi Jl. Mayor Ruslan, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Tel./Faks. (0711) 350954
Situs web smkn6palembang.sch.id
Moto

SMK Negeri 6 Palembang,adalah Sekolah Kejuruan yang berstatus Negeri.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 6 Palembang didirikan pada tanggal 09 Desember 1976 dengan lokasi di tengah kota, tepatnya di Jalan Mayor Ruslan Palembang. Lokasi SMK Negeri 6 Palembang memang cukup strategis. Terletak di dekat jalan utama dari simpang Rambang ke simpang Jl. Dr. M. Isa, sehingga memudahkan sarana transportasi bagi siapa saja yang ingin mengunjungi SMK Negeri 6 Palembang. Selain itu, tak ayal jika SMK Negeri 6 Palembang juga digemari siswa-siswi di luar kota Palembang. 30% lebih siswa SMK Negeri 6 Palembang berasal dari luar kota Palembang.

Gedung SMKK Negeri Palembang dibangun secara bertahap mulai tahun anggaran 1984/1985 sampai dengan tahun anggaran 1989/1990 yang beralamatkan di Jalan Mayor Ruslan Telepon/Fax (0711) 350954 Palembang 30114 dengan rincian sebagai berikut :

Luas tanah : 17.703 m2 Luas bangunan : 6.408 m2 Dana terdiri dari APBN dan dana pinjaman luar negeri (ADB) Gedung SMKK Negeri Palembang mulai dipakai pada awal tahun pelajaran 1989/1990 yaitu tanggal 1 Juli 1989, namun SMKK Negeri Palembang baru diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Prof. Dr. Fuad Hassan pada tanggal 30 juni 1990. Kemudian pada tahun 1997 sampai dengan sekarang SMKK Negeri Palembang namanya berganti menjadi SMK Negeri 6 Palembang.

Sebagai sekolah kejuruan yang tergabung dalam kelompok Pariwisata, SMK Negeri 6 Palembang ditunjuk oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dengan nomor : 0004/C5.2/Kep/MN/2006 bersama 40 sekolah lain di seluruh Indonesia.

Ini merupakan suatu prestasi besar sekaligus amanat yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya guna mewujudkan visi dan misi SMK Negeri 6 Palembang serta tujuan SMK yaitu mendidik siswa menjadi cerdas, siap kerja dan kompetitif.

Adiwiyata[sunting | sunting sumber]

Berkas:Adiwiyata SMK6 Plg.jpg
Adiwiyata SMK 6 Palembang tahun 2013.

Pengertian dan Tujuan Adiwiyata[sunting | sunting sumber]

mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita‐cita pembangunan berkelanjutan.

Tujuan program Adiwiyata[sunting | sunting sumber]

mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Prinsip‐prinsip Dasar Program Adiwiyata

Pelaksanaan Program Adiwiyata diletakkan pada dua prinsip dasar berikut ini ;

Partisipatif: Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran. Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif Komponen Adiwiyata 

Untuk mencapai tujuan program Adiwiyata, maka ditetapkan 4 (empat) komponen program yang menjadi satu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah Adiwiyata. Keempat komponen tersebut adalah; Kebijakan Berwawasan Lingkungan Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan

Keuntungan mengikuti Program Adiwiyata Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah. meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai‐nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah. F. Target Pencapaian Program Adiwiyata sampai dengan 2014 Sebagai upaya menanamkan nilai budaya dan peduli lingkungan di sekolah yang lebih banyak di wilayah Indonesia, maka perlu ditetapkan sebuah target pencapaiannya. Target pencapaian jumlah sekolah Adiwiyata dari tahun 2012 sampai tahun 2014 adalah 6.480 sekolah.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Prestasi siswa[sunting | sunting sumber]

  1. JUARA 1 LOMBA TARI TINGKAT SMA KOTA PALEMBANG TAHUN 2013.
  2. JUARA III ENGLISH SPEECH CONTEST TAHUN 2013
  3. JUARA III LOMBA LPB TAHUN 2013
  4. JUARA I LOMBA KULINER TAHUN 2013.
  5. JUARA II DANCE POCARY SWEET TAHUN 2013.
  6. JUARA I PADUAN SUARA MARS ISG TAHUN 2013.
  7. JUARA II LOMBA JINGLE PAJAK 2013.

Prestasi sekolah[sunting | sunting sumber]

Sertifikasi ISO 9001 : 2000 ( 18 Maret 2007) Sertifikasi ISO 9001 : 2008 (24 Mei 2010) Membimbing sekolah yang akan sertfikasi ISO 9001 : 2008 ;

  • SMK Negeri 4 Palembang
  • SPP Sembawa Palembang
  • SMK Negeri 1 OKU
  • SMK Negeri 5 Palembang
  • SMK Negeri 1 Sekayu
  • SMK Muhammadiyah 3 Plg
  • SMK Negeri 1 Palembang
  • SMK Negeri 7 Palembang
  1. SEKOLAH ADIWIYATA TK. PROVINSI.
  2. SEKOLAH ADIWIYATA TK. NASIONAL TAHUN 2013.