SMK Budiniah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sekolah Menengah Kejuruan Budiniah (di singkat SMK Budiniah); adalah jenjang pendidikan formal menengah kejuruan yang berlokasi di Jl. Golf Jagorawi No. 2 Rt. 001/ Rw. 004 Karanggan Desa Puspasari Kec. Citeureup 16810 Kabupaten Bogor. SMK Budiniah saat ini di kelola oleh sebuah yayasan pendidikan yaitu "Yayasan Pendidikan Yatim Piatu Budiniah" sekarang "YAYASAN BUDINIAH" . Kepala Sekolah SMK Budiniah adalah Eko Budi Cahyono, S.Pd.I, SE.[1] SMK Budiniah merupakan salah satu sekolah percontohan di Kabupaten Bogor, di mana ketika pemerintah Pusat memberikan kebijakan baru soal pendidikan maka akan di uji coba di berbagai sekolah percontohan di Indonesia termasuk SMK Budiniah.

Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

Tahun 2000- 2017 dipimpin oleh Eko Budi Cahyono, S.Pd.I, S.E

Tahun 2017- sekarang oleh M. Nanang Mahfuzi, S.Pd.I

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yayasan Budiniah di bentuk pada tahun 1997, ada 4 lembaga di bawah naungan yayasan yaitu

  1. Taman Kanak-kanak Islam di bentuk pada 1997 (di tutup)
  2. Madrasah Tsanawiyah Darul Falah berdiri tahun 1997 yang di pimpin oleh M. Nanang Mahfuzi, S.Pd.I
  3. Sekolah Teknik Mesin (SMK 1 / STM) berdiri tahun 2000 yang di pimpin oleh Eko Budi Cahyono, S.Pd.I, tahun 2017 dirangkap oleh M. Nanang Mahfuzi, S.Pd.I
  4. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK 2 / SMEA) berdiri tahun 2006 yang di pimpin oleh Dr. H. Muhtarom, S.H,MM,M.Si

Pada Tahun 2017 kemarin, salah satu guru SMK Budiniah pernah berpidato kepada seluruh siswanya, dia menceritakan bahwa awal-awal dia mengajar di SMK Budiniah itu dahulu sekolah tersebut memang tidak di kenal dan di ketahui oleh masyarakat, guru tersebut melanjutkan, bahwa pada belasan tahun lalu dia pernah bertanya kepada salah seorang warga di sekitar SMPN 1 Citeureup bahwa "di manakah lokasi SMK Budiniah tersebut", warga terseut menjawab tidak tau padahal jarak SMK Budiniah ke tempat dia berdiri itu tidak sampai 500 Meter. Sejak dia mengajar di SMK Budiniah, lewat program-program yang dia buat dan jalankan bersama guru lain, hingga pada akhirnya SMK Budiniah mulai di kenal masyarakat luas, berkat dia dan guru-guru lain itu pula, SMK Budiniah pun maju dan bahkan hingga saat ini banyak siswa baru yang mendaftar atau mengajukan untuk belajar di SMK Budiniah setiap tahunnya bahkan melebihi kapasitas yang di berikan sekolah, karena mereka tahu bahwa SMK Budiniah mampu menjadikan siswa/i-nya berprestasi di bidangnya, salah satunya melalui ekstrakurikuler yang di tetapkan pihak sekolah.

Saat ini bisa kita lihat bahwa SMK Budiniah sudah mampu menjadikan siswa/i berprestasi sesuai bidangnya, walaupun peraturan di sekolah tersebut bisa di bilang sangat tegas tetapi tidak menyurutkan para siswa yang setiap tahunnya mendaftar di SMK Budiniah untuk belajar di sekolah tersebut. SMK Budiniah akan tetap membuat program baru, ekstrakurikuler baru hingga jurusan baru serta yang lainnya untuk kemajuan di masa mendatang, tidak hanya itu, sesuai tujuan yang di tetapkan sekolah, para guru pun akan tetap berusaha untuk mendidik siswa/i nya untuk menjadi orang sukses dan bermoral di masa mendatang.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

SMK Budiniah memiliki beberapa tujuan salah satunya meningkatkan IMTAK bagi seluruh siswa SMK Budiniah agar menjadi manusia yang baik di masyarakat dan meningkatkan kreativitas dalam diri siswa tersebut.

Jurusan[sunting | sunting sumber]

SMK Budiniah di kelola oleh swasta bernama Yayasan Pendidikan Yatim Piatu Budiniah yang keseluruhan terdiri dari 3 sekolah yaitu SMK Budiniah 1 (atau STM), SMK Budiniah 2 (atau SMEA), dan MTs Darul Falah. Pada tahun ajaran 2016-2017 kemarin, ada penambahan 2 jurusan baru yaitu: Teknik Elektronik (atau Teknik Audio Video) dan Teknik Permesinan. Jadi, SMK Budiniah 1 dan 2 memiliki 5 program keahlian yang terdiri dari 7 jurusan. yang terdiri dari:

Program keahlian SMK Budiniah 1 (STM)[sunting | sunting sumber]

  • Teknik otomotif
  1. Teknik Kendaraan Ringan
  2. Teknik Sepeda Motor
  • Teknik Informatika
  1. Teknik Komputer Jaringan
  • Teknik Mesin
  1. Teknik Pemesinan
  • Teknik Elektronik
  1. Teknik Audio Video

Program Keahlian SMK Budiniah 2 (SMEA)[sunting | sunting sumber]

  • Bisnis Manajemen
  1. Akuntansi
  2. Pemasaran

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

SMK Budiniah secara fisik memiliki 3 gedung utama yaitu 1 gedung MTs, dan 1 gedung SMK yang biasa di sebut gedung atas serta satu gedung lainnya biasa di sebut gedung bawah yang di pakai siswa SMK. Gedung bawah SMK Budiniah memiliki Ruang Kelas, lapangan utama, Bengkel Mesin, Bengkel Motor, Kantin dan Perpustakaan, sedangkan gedung atas (Gedung SMK memiliki 5 tingkat dan MTs, 3 tingkat) memiliki Ruang Kelas, laboratorium bahasa, laboratorium Multimedia, Laboratorium Komputer, Bengkel Mobil, Kantin, Wifi Gratis, Ruang Tata Usaha, Kantor Kepala Sekolah dan Kantor Wakil Kepala Sekolah. [2]

Prestasi Siswa[sunting | sunting sumber]

Siswa/i SMK Budiniah memiliki banyak sekali prestasi yang sangat membanggakan dan mengharumkan sekolah, salah satunya:

  • Marching Band (Gema Senada Budiniah)
  1. Grand Prix Marching Band XXV Tahun 2009 Juara 5 (Lima) Tingkat Nasional
  2. Darulnajah Marching Band Competicion (DMC) 2010 Juara 3 (Tiga) Tingkat Nasional

[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://smk-budiniah.blogspot.co.id http://smk-budiniah.blogspot.co.id/2012/11/profil-sekolah-smk-budiniah_24.html. Diakses tanggal 06-12-2017.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan); Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  2. ^ smkbudiniah.mysch.id http://smkbudiniah.mysch.id/sarana-prasarana. Diakses tanggal 06-12-2017.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  3. ^ smkbudiniahctr.blogspot.co.id http://smkbudiniahctr.blogspot.co.id/2014/03/profil-sekolah-smk-budiniah.html. Diakses tanggal 06-12-2017.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

(Indonesia)://http Diarsipkan 2014-06-18 di Wayback Machine.://smkbudiniah.sch.id/