SMA Negeri 1 Sumpiuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sumpiuh
Data Sekolah
Berdiri: 1985
Provinsi: Jawa Tengah
Alamat Lengkap: Jl. Raya Barat No. 95 Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah
Nomor Telepon: (0282) 497517
Fax: (0282) 497517
Kepala Sekolah: Saidan, S.Pd
Jumlah Kelas: 29 (10+10+9rombel)
Program Jurusan: IPA, IPS
Rentang Kelas: X,XI IPA ,XI IPS ,XII IPA,XII IPS
Kurikulum: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah Siswa: 917 siswa (32 siswa per kelas)
NEM Masuk terendah:
NEM Masuk tertinggi:
NEM Masuk rata-rata:
Status sekolah: Negeri
Website: [[1]]

SMA Negeri 1 Sumpiuh adalah sebuah SMA Negeri di Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri Sumpiuh merupakan salah satu sekolah yang mempunyai prestasi dan dedikasi di bidang pendidikan yang sangat baik, terutama di Kabupaten Banyumas. Sekolah ini berdiri sekitar tahun 1985. Pada awal berdirinya, sekolah ini belum memiliki gedung tersendiri. Oleh karena itu, dalam kegiatan belajar mengajar pada saat itu masih menggunakan gedung sekolah lain, yaitu SLTP 2 Sumpiuh. Para siswa harus masuk pada sore hari, karena pada pagi harinya dipakai oleh siswa-siswa SLTP 2 Sumpiuh. Mengenai gurunya pun masih mengambil dari sekolah lain, yaitu SMA Negeri Banyumas. Sarana dan prasarana belajar pun masih sangat minim. Jadi segalanya masih sangat sederhana.

Beberapa tahun kemudian, sekolah ini telah memiliki gedung sendiri yang terletak di Jalan Raya Barat No 95 Sumpiuh. Jumlah dan kualitas guru dan karyawan terus ditingkatkan sehingga lama kelamaan sekolah ini tidak perlu lagi mengambil tenaga guru dari sekolah lain. Namun demikian, sebagian tenaga guru masih tetap dipertahankan. Sarana dan prasarana belajar juga terus ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya.

Seiring perkembangan zaman, sekolah ini terus berbenah diri. Pembangunan fisik dan nonfisik terus ditingkatkan. Pembangunan fisik antara lain meliputi : penambahan gedung dan ruang kelas, pembangunan laboratorium, perpustakaan, koperasi sekolah, UKS, ruang Pramuka, ruang OSIS, mushola dan sebagainya. Sedangkan pembangunan nonfisik antara lain meliputi peningkatan prestasi sekolah, peningkatan kedisiplinan sekolah dan sebagainya. Hingga saat ini, SMA Negeri 1 Sumpiuh telah berkembang menjadi sekolah diunggulkan dan telah dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat menuntut ilmu bagi putra putrinya.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Situs dan Milis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

http://dindik.bms.web.id/sma/sma-negeri-1-sumpiuh/

http://www.sman-sumpiuh.sch.id/