SMA Negeri 1 Muaro Jambi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 1 Muaro Jambi
Informasi
Didirikan1990
JenisNEGERI
AkreditasiA
Kepala SekolahHERYADI, S.Pd M.Pd
Ketua KomiteDrs. ARIFUDIN, M.Hum
Jumlah kelas31 Ruang kelas
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX MIPA, X IPS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
KurikulumKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
StatusNegeri Dibawah Diknas
NEM terendah..(2008)
NEM tertinggi..(2008)
Nilai masuk rata-rata..(2008)
Alamat
LokasiJl. Jambi–Ma.Bulian Km. 20. 36363, Muaro Jambi, Jambi, Indonesia
Tel./Faks.0741-000000 / 0741-000000
Situs webhttp://www.sman1muarojambi.sch.id
Lain-lain
LulusanInfo Alumni
Moto
MotoTaqwa Unggul dan Berbudaya
1. Sekolah Model Tahun 2008 2. Sekolah Rujukan Tahun 2016

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi adalah Sekolah Menengah Atas Negeri yang berada di Jalan Jambi - Muaro Bulian Km. 20 Pijoan, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi berdiri sejak tahun 1990, sebelumnya bernama SMU Negeri 1 Jaluko atau Pijoan dan setelah adanya pemekaran kabupaten dengan berdirinya Kabupaten Muaro Jambi pada tahun 1999 sekolah ini berganti nama menjadi SMA Negeri 1 Muaro Jambi .

Sekolah ini memiliki luas tanah 2 Hektar lebih, bangunan 1050 M2, luas halaman 800 M2, luas lapangan olahraga 400 M2, dan pagar keliling 400 M2..

Pada tahun pelajaran 2008/2009 ditetapkan sebagai rintisan Sekolah Kategori Mandiri (SKM) / Sekolah Standar Nasional (SSN) .

SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada tahun pelajaran 2010/2011 memiliki 24 rombongan belajar yang terdiri dari rombongan belajar 10 Kelas X dengan menggunakan KTSP, 7 rombongan belajar kelas XI yang menggunakan KTSP, dan 7 rombongan belajar kelas XII juga menggunakan KTSP dengan menggunakan sistem kelas regular / sistem paket.

Jumlah tenaga pendidik yang berstatus PNS sebanyak 67 orang terdiri dari 14 orang guru laki-laki dan 43 orang guru perempuan, sedangkan tenaga guru yang berstatus Non PNS sebanyak 10 orang terdiri dari 6 guru laki-laki dan 4 guru perempuan. Jumlah guru yang sudah lulus sertifikasi sampai dengan tahun 2009 berjumlah 20 orang.

Struktur Organisasi[sunting | sunting sumber]

1. Kepala Sekolah HERYADI, S.Pd M.Pd
2. Kasubag Zakiyah, SP MP
2. Wakil Kepala Sekolah
  • Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
Dra. Netti Yulia N M.Si
  • Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan
Samsuri, S.Pd
  • Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarpras
Endang Mulyati, S.Pd
  • Wakil Kepala Sekolah Bidang HUMAS
Alizar Johan, S.Pd

Muatan Kurikulum[sunting | sunting sumber]

Muatan Kurikulum SMA Negeri 1 Muaro Jambi meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagaimana termuat dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ditetapkan oleh BSNP, dan muatan lokal yang dikembangkan oleh sekolah serta kegiatan pengembangan diri.

  • Mata Pelajaran
  • Muatan Lokal
  • Kegiatan Pengembangan Diri

Intrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi Kegiatan ini merupakan Pengembangan diri yang dilaksanakan di dalam kelas dengan alokasi waktu 1 jam tatap muka, berupa Bimbingan Konseling yang mencakup hal-hal yang berkenaan dengan:

  • pribadi,
  • kemasyarakatan,
  • belajar, dan
  • karier peserta didik.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di luar kelas (Ekstrakurikuler) di SMA Negeri 1 Muaro Jambi diasuh oleh guru Pembina bersama-sama dengan guru BK. Pelaksanaannya secara regular setiap hari Sabtu dan pada hari-hari tertentu setelah KBM pada sore hari dan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh masing-masing ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler mencakup:

Program Pembiasaan[sunting | sunting sumber]

Mencakup kegiatan yang bersifat pembinaan karakter peserta didik yang dilakukan secara rutin, spontan, dan keteladanan. Pembiasaan ini dilaksanakan sepanjang waktu belajar di sekolah. Seluruh guru ditugaskan membina Program Pembiasaan yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Penilaian kegiatan pengembangan diri bersifat kualitatif. Potensi, ekspresi perilaku, dan kondisi psikologis peserta didik merupakan portofolio yang digunakan untuk penilaian.

Program Pembiasaan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi:

Rutin Spontan Keteladanan
Upacara Membiasakan antre Berpakaian rapi
Senam Memberi salam Memberikan pujian
Sholat berjama'ah Disiplin Tepat waktu
Kunjungan pustaka Musyawarah Hidup sederhana
Membaca Yasin Gotong royong Berperilaku baik

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Pendidikan Kecakapan Hidup[sunting | sunting sumber]

Pendidikan kecakapan hidup yang dikembangkan disekolah SMA Negeri 1 Muaro Jambi, terintegrasi dalam setiap kegiatan pembelajaran untuk seluruh matapelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
Dengan demikian, materi kecakapan hidup akan diperoleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari yang diemban oleh mata pelajaran yang bersangkutan serta melalui kegiatan Ekstrakurikuler.

Keunggulan Lokal dan Global[sunting | sunting sumber]

Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global adalah pendidikan yang memamfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain, yang semuanya bermamfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik.
Melalui analisi potensi dan kebutuhan daerah, serta analisis potensi sekolah yang meliputi Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana, maka SMA Negeri 1 Muaro Jambi menetapkan Pendidikan Seni Kreasi Daerah sebagai keunggulan lokal sekaligus keunggulan global. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global ini diberikan dalam bentuk karya nyata peserta didik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]