S. Shamsuddin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


S. Shamsuddin
LahirShamsuddin bin Dali
(1929-01-01)1 Januari 1929
Pasir Panjang, Straits Settlements
(now Singapore)
Meninggal4 Juni 2013(2013-06-04) (umur 84)
Jurong, Singapore
Sebab meninggalSerangan jantung, asma, penyakit Parkinson, usia tua
MakamPemakaman Muslim Pusara Abadi, Lim Chu Kang
Tempat tinggalWest Avenue 6, Bukit Batok
KebangsaanSingaporean
Nama lainPak Sudin
Pekerjaan
Tahun aktif1948 - 2008
Dikenal atasBujang Lapok Seri film
Panggilan Pulau
Antara Dua Darjat
Suami/istriPuteh binti Esmoon (1954-2013; his death)
Anak7 (including Ariff Shamsuddin)
Orang tuaKhatijah binti Haji Ahmad
Dali bin Kechik

Shamsuddin bin Dali atau lebih dikenal dengan S. Shamsuddin (1 Januari 1929 – 4 Juni 2013) adalah seorang aktor dan komedian Singapura, yang tampil di film-film Malaya selama tahun 1950an dan 1960an.[1]

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

S. Shamsuddin atau dikenal dengan panggilan Pak Sudin, lahir di Pasir Panjang, Singapura. Ayahnya, Dali bin Kechik berasal dari Malaka, Malaysia, sementara ibunya, Khatijah binti Haji Ahmad berasal dari Geylang, Singapura. Ia sebelumnya bekerja sebagai buruh untuk membantu keluarganya sebelum ia masuk profesi akting.

Karier[sunting | sunting sumber]

Suatu hari, pada tahun 1948, dia pergi ke Studio Malay Film Productions (MFP) di Ampas Jalan hanya untuk melihat bagaimana pembuatan film. Kunjungannya ternyata menjadi keberuntungan baginya karena ia diberi kesempatan untuk bekerja sebagai tambahan dalam sebuah film berjudul Chempaka yang disutradarai oleh B. S. Rajhans. Beberapa hari kemudian dia mencari pekerjaan di MFP, mendapatkan pekerjaan sebagai tukang kayu untuk studio dan tempat syuting. Sementara itu, ia juga bekerja sebagai extra atau penari dalam film.

Akhirnya, ia diberi peran dalam sebuah film berjudul Aloha, yang juga disutradarai oleh Rajhans. Dia berperan dalam beberapa adegan yang memerlukan banyak dialog, yang dianggap banyak untuk aktor tambahan atau bahkan baru. Peran komediannya dalam film tersebut berakting bersama Osman Gumanti, Mariam, P. Ramlee, A. R. Tompel dan D. Harris, menunjukkan bakatnya dalam berakting. Lebih banyak lagi penawaran film berlanjut, dan Sudin akhirnya menjadi bahan komedi film Melayu pada era itu di samping Aziz Sattar, keduanya tampil dengan aktor sukses P. Ramlee dalam banyak kesempatan, terutama di serial Bujang Lapok Film.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

S. Shamsuddin menikahi Puteh binti Esmoon pada tahun 1954, dan mereka memiliki 7 anak dan 14 cucu. Salah satu anaknya, Ariff Shamsuddin juga seorang komedian dan aktor TV yang baru saja berpartisipasi dalam reality show Malaysia bertajuk Maharaja Lawak Mega.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah beberapa tahun mengalami kesehatan yang buruk, S. Shamsuddin meninggal pukul 10:56 pada pagi hari tanggal 4 Juni 2013 pada usia 84 di kediamannya di West Avenue 6, Bukit Batok dan jenazahnya dibaringkan di tempat Pusara Abadi Muslim Cemetery di Lim Chu Kang pada tanggal 5 Juni 2013 pukul 11:00.[2]

  1. ^ "New Straits Times 08-10-2001". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-04. Diakses tanggal 2019-09-16. 
  2. ^ Aktor veteran S. Shamsuddin meninggal diusia 84 tahun[pranala nonaktif permanen]