Rushnik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rushnik berupa sulaman Ukraina dan kain ritual tenun di Pereyaslav-Khmel'nyts'kyi, Ukraina.

Rushnik (Ukraina: рушник, bahasa Belarus: ручнік, ručnik, bahasa Rusia: рушник, ручник) adalah kain ritual yang disulam dengan lambang-lambang dan kriptogram dari dunia kuno. Mereka telah digunakan dalam ritual kudus Slavia Timur, pelayanan keagamaan, dan acara-acara seremonial seperti pernikahan dan pemakaman. Masing-masing wilayah memiliki rancangan dan pola dengan makna tersembunyi yang diwariskan dari generasi ke generasi dan dipelajari oleh ahli etnografi.

Makna[sunting | sunting sumber]

Rushnik Belgorod di selatan Rusia.

Bentuk persegi panjang dari kain menunjukkan perjalanan hidup dan hiasan menangkap ingatan leluhur kebudayaan dari wilayah tersebut.[1] Bahan yang digunakan adalah linen atau rami. Kegiatan pemintalan benang dan proses menenun linen mewujudkan kekuatan spiritual yang terhubung dengan dewa kuno Mokosh yang sering diwakili dengan sulam. Jarum memiliki energi sendiri, gagasan yang mirip dengan akupunktur dan warna benang memiliki arti suci. Merah mewakili kehidupan dan adalah warna utama yang digunakan. Sebuah rushnik diberikan kepada bayi pada saat lahir dan benda tersebut mengikuti orang tersebut sepanjang hidup dan digunakan dalam upacara pemakaman setelah kematian.

Per il suo matrimonio, le spose slave ricamano asciugamani con le proprie mani fin dall'infanzia per integrare la loro dote. Aveva asciugamani alla nascita, a un matrimonio, a tutte le vacanze, ha decorato la casa fino alla sua morte.[2]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Pola ručnik pada bendera Belarus

Sebuah rushnik memiliki banyak kegunaan. Rushnik paling mendasar sehari-hari disebut utyralnyk atau lap dan berfungsi sebagai handuk. Utyralnyk antara tidak memiliki rancangan atau bertepi sangat sempit. Sebaliknya, nabozhnyk rushnik yang palin dihiasi yang disusun oleh sulaman dan renda. Nabozhnyks yang juga disebut nabraznyks atau nakutnyks digunakan untuk menghias ikon dan sudut ikon di rumah.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rushnyky: Ukraina Ritual Kain". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-22. Diakses tanggal 2018-09-11. 
  2. ^ "Чому цей одяг був найважливішим в житті: традиції полтавського весільного вбрання - poltavchanka.info" (dalam bahasa Ukraina). 2022-10-12. Diakses tanggal 2022-10-31. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]