Rupee Myanmar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Rupee Myanmar adalah mata uang di Myanmar (Burma) antara tahun 1852 dan 1952, kecuali untuk tahun 1943-1945.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketika Myanmar ditaklukkan oleh Britania Raya, rupee India diganti kyat pada nilai nominal. Dari tahun 1897, pemerintah India mengeluarkan uang kertas di Rangoon dari jenis umum yang sama seperti diterbitkan di India tetapi bahasa menampilkan digunakan di Myanmar bukan daerah lain di India. Pada tahun 1917 dan lagi dari tahun 1927, uang kertas India mencetak untuk digunakan di Myanmar. Ketika Myanmar menjadi koloni terpisah pada tahun 1937, isu di uang kertas terpisah dibuat untuk digunakan hanya di Myanmar tetapi tidak ada uang koin terpisah dikeluarkan.

Ketika Jepang diduduki Myanmar pada tahun 1942, mereka memperkenalkan mata uang baru: rupee, setiap satuannya terbagi menjadi 100 sen. Mata uang ini hanya diterbitkan dalam bentuk kertas. Rupee ini digantikan oleh kyat pada tahun 1943. Pada tahun 1945, mata uang pendudukan Jepang dinyatakan tidak berharga dan Myanmar kembali untuk menggunakan uang koin India dan uang kertas rupee sendiri.

Setelah kemerdekaan pada tahun 1948, Myanmar memperkenalkan mata uang rupee sendiri, terdiri dari koin dan uang kertas. Setiap rupee terbagi menjadi 16 pe (sama dengan anna India), setiap pe di 4 pya (sama dengan pice India). Pada tahun 1952, Rupee digantikan oleh kyat pada nilai nominal.

Referensi[sunting | sunting sumber]