Rumput buluh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumput buluh tumbuh di rawa asin di muara Sungai Tay .

Rumput buluh adalah nama umum untuk beberapa tanaman lahan basah yang tinggi dan mirip rumput .

Penggunaan dlm konstruksi[sunting | sunting sumber]

Banyak budaya yang berbeda telah menggunakan rumput buluh dalam konstruksi berbagai jenis bangunan selama setidaknya ribuan tahun. Salah satu contoh kontemporer adalah Arab Rawa-Rawa .

Atap[sunting | sunting sumber]

Phragmites australis, rumput buluh biasa, digunakan di banyak daerah untuk atap jerami . Di Britania Raya, rumput buluh biasa yang digunakan untuk tujuan ini dikenal sebagai "Norfolk reed" atau "water reed". Namun, "buluh gandum" dan "buluh Devon" bukanlah rumput buluh melainkan jerami gandum bertangkai panjang.

Gunakan dalam musik[sunting | sunting sumber]

Orang Yunani kuno menggunakan Arundo donax untuk membuat seruling yang dikenal sebagai kalamaulos; ini adalah kata majemuk, dari kalamos (tongkat) + aulos (seruling). Saat itu, rotan terbaik untuk seruling berasal dari tepi sungai Kephissos, di Attica, Yunani. Beberapa kalamaulos disetel berbeda dan diikat menjadi satu, membuat syrinx atau Panpipe . A. donax masih menjadi bahan sumber utama pembuat buluh untuk klarinet, saksofon, obo, bassoon, bagpipe, dan alat musik tiup kayu lainnya.[1] Negara Var di Prancis selatan memiliki pasokan buluh instrumen yang paling terkenal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Opperman, Kalman (1956). Handbook for making and Adjusting Single Reeds. New York, New York: Chappell & Co. hlm. 40.