Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gedung RSUD Tarakan

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan merupakan rumah sakit milik pemerintah provinsi Kalimantan Utara yang terletak di jalan Pulau Irian, kelurahan Kampung 1 Skip, kecamatan Tarakan Tengah, kota Tarakan. Saat ini tahap pembangunan gedung baru sudah selesai dan rumah sakit ini akan menjadi salah satu rumah sakit berkelas internasional di Indonesia.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

RSUD Tarakan didirikan oleh Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) yang berstatus swasta pada tahun 1952, kemudian pada tahun 1958 Rumah Sakit ini pengelolaannya di serahkan pada pemerintah daerah kabupaten Bulungan, setelah berjalan kurang lebih dua belas tahun dibawah pengelolaan pemerintah Kabupaten Bulungan akan tetapi karena pemerintah Kabupaten Bulungan tidak sanggup mengelola rumah sakit ini sebagaimana mestinya, maka pada tahun 1964 pengelolaan rumah sakit ini diserahkan kepada pemerintah daerah provinsi Kalimantan Timur lalu diserahterimakan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara setelah provinsi ini terbentuk tahun 2013 hingga sekarang.

Kemudian pada tahun 2003 status Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan berubah statusnya yang tadinya Tipe C ditingkatkan menjadi Tipe B dan berbentuk Badan (Non Pendidikan). Perubahan setatus ini sesuai dengan surat keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. No. 196/ Men.Kes/ SK/ II/ 2003 tanggal 19 Februari 2003 dan surat keputusan gubernur Kalimantan Timur No. 445/ K-85/ 2003 tanggal 1 April 2003.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gubernur Tinjau Proyek Pembangunan RSUD Tarakan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-06. Diakses tanggal 2011-08-27.