Ruhakana Rugunda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ruhakana Rugunda
Berkas:Foto Resmi Ruhakana Rugunda.jpg
Perdana Menteri Uganda
Mulai menjabat
18 September 2014
PresidenYoweri Museveni
PendahuluAmama Mbabazi
Informasi pribadi
Lahir7 November 1947 (umur 72)
Kabale District, Uganda
Partai politikNational Resistance Movement
Alma materMakerere University School of Medicine
Universitas of Zambia
University of California

Ruhakana Rugunda(lahir 1947) adalah politisi Uganda yang menjadi Perdana Menteri Uganda sejak 2014. Ruhakana dulunya adalah seorang dokter dan menjadi menteri dalam serangkaian panjang tulisan Kabinet di bawah Presiden Yoweri Museveni yang dimulai pada tahun 1986. ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Uganda 1994-1996 dan sebagai Menteri dalam Negeri dari tahun 2003 sampai 2009. Selanjutnya ia dijadikan Wakil Tetap untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa 2009-2011 dan Menteri Kesehatan 2013-2014. Dia diangkat sebagai Perdana Menteri pada tanggal 18 September 2014. Ia menggantikan Amama Mbabazi, yang dijatuhkan dari Kabinet. [1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Rugunda lahir di Distrik Kabale pada tanggal 7 November 1947. Sebagai anak muda, dia sering duduk dan membaca koran ayahnya Surumani Rugunda, dan itu adalah pengalaman-pengalaman memicu minatnya di politik pada kemudian hari . Rugunda menghadiri Kigezi SMA dan Busoga Tinggi Mwiri di mana ia menjabat sebagai Kepala Prefek, sebelum bergabung di Universitas Pendidikan Kesehatan Makarere dan kemudian Universitas Zambia di mana ia belajar ilmu kedokteran dan lulus dengan tingkat Sarjana Kedokteran dan Bachelor of Surgery . Dia kemudian belajar di University of California, Berkeley,Amerika Serikat dan memperoleh gelar Master of Science di Public Health (MSc.Pub.Hlth). Sebelum bergabung politik Uganda, Rugunda bekerja sebagai Medical Officer di Zambia, sebagai dokter di rumah Sakit Umum DC di DC Washington, dan pada Rumah Sakit Nasional Kenyatta di Nairobi, Kenya.

Karir Politik[sunting | sunting sumber]

Saat menjadi mahasiswa di Universitas Makerere di Uganda, Rugunda, sering disebut sebagai "Ndugu" (bahasa Swahili untuk "saudara") oleh teman-teman, menjabat sebagai Presiden Uni Nasional Mahasiswa Uganda (Nusu), sebuah gerakan pemuda politik bersemangat. Sebagai seorang aktivis politik muda, Rugunda adalah bagian dari Uganda Kongres Rakyat (UPC) dan dikatakan dekat dengan Presiden Apollo Milton Obote. Rugunda adalah salah satu dari beberapa yang telah dilihat oleh Obote sebagai pemimpin masa depan partai dan negara. Dalam salah satu wawancara terakhir sebelum kematiannya, Obote menyesalkan mengapa brilian Rugunda sudah dirinya terjerat dengan Yoweri Museveni dan Gerakan Perlawanan Nasional tersebut. Pada tahun 1985 ia bertemu dengan para pemimpin Uganda dan National Resistance Movement (NRM) di penginapan "Zum grünen Jäger" di Unterolberndorf, Austria, untuk sebuah konferensi konspirasi untuk menguraikan program politik untuk dibebaskan Uganda. Setelah Museveni mengambil alih kekuasaan pada tahun 1986, Ruganda mengadakan serangkaian panjang pergantian menteri Kabinet: dia adalah Menteri Kesehatan 1986-1988, Menteri Pekerjaan, Transportasi dan Komunikasi 1988-1994, Menteri Luar Negeri 1994-1996, Menteri Informasi 1996-1998, Menteri di Kepresidenan 1998-2001, Menteri Air, Tanah dan Lingkungan 2001-2003, dan Menteri dalam Negeri dari tahun 2003 sampai 2009. Dia juga menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan NRM, seperti anggota Parlemen untuk Kabale Kota, dan sebagai presiden Dewan Pemerintahan Program Lingkungan Hidup PBB (UNEP). Pada bulan Juli 2006, Rugunda memimpin pemerintah Uganda tim negosiasi untuk Juba , Sudan Selatan untuk mengadakan pembicaraan damai dengan [Tentara]] yang Perlawanan Tuhan. Pada bulan Januari 2009, ia diangkat sebagai Wakil Tetap Uganda untuk PBB. Pada saat yang sama, posisi diangkat ke tingkat Kabinet Menteri di Uganda Dia dua kali menjabat sebagai Presiden Dewan Keamanan pada bulan Juli 2009 dan pada bulan Oktober 2010 selama Uganda dua tahun bertugas di Dewan Keamanan . Dalam perombakan kabinet tanggal 27 Mei 2011, ia malah ditunjuk sebagai Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada Mei 2013, ia dipindahkan ke pos Menteri Kesehatan, menggantikan Christine Ondoa, yang menjadi penasehat Presiden Uganda pada masalah kesehatan masyarakat. Rugunda diangkat sebagai Perdana Menteri pada tanggal 18 September 2014.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Rugunda menikah dengan Jocelyn Rugunda. Mebreka adalah orang tua dari empat anak laki-laki. Dia hobi membaca, bermain tenis dan catur di waktu luangnya.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [http: //www.newvision.co.ug/news/659918-ruhakana-rugunda-new-prime-minister.html "Ruhakana Rugunda Perdana Menteri Baru"] Periksa nilai |url= (bantuan). Diakses tanggal 19 September 2014. 

External links[sunting | sunting sumber]