Rubing (kapal)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapal panjang Viking yang dibuat dari klinker, yang papan-papannya yang tumpang tindih membentuk "rubing".

Pada lambung kapal, rubing adalah suatu rangkaian papan atau pelapis memanjang yang membentang dari tiang kapal (di haluan ) ke tiang buritan atau transom (di belakang).

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Di perahu-perahu kecil, rubing bisa berupa potongan kayu tunggal yang bersambung. Pada kapal kayu yang lebih besar, rubing biasanya terdiri dari beberapa papan bebat, atau papan Pungkur dan diperkuat dengan balok Pungkur.

Jika bagian melintang dari bentuk kapal lebih penuh, maka alurnya lebih lebar; mereka meruncing ke arah ujung.

Pada kapal baja keling, rubing biasanya dirangkai dan digoncang (satu rubing diberikan proyeksi agar sesuai dengan lekukan pada yang di sebelahnya), [1] tetapi jika diinginkan hasil akhir yang lebih halus, rubing tersebut mungkin dipaku pada tali pantat, meskipun ini lebih lemah . Dalam konstruksi las modern, pelat biasanya dilas pungkuran dengan las penetrasi penuh di sekeliling pelat yang bersebelahan di dalam rubing dan ke rubing yang bersebelahan.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ward, Cheryl A. (2004). The philosophy of shipbuilding : conceptual approaches to the study of wooden ships (edisi ke-1st). City of College Station: Texas A & M University Press. hlm. 18. ISBN 9781585443130.