Roux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Roux gelap sedang dimasak
Roux putih
Saus berbahan dasar roux

Roux ( /ˈr/ ) adalah tepung yang dimasak dengan lemak dan digunakan sebagai bahan pengental saus[1]. Biasanya jumlah tepung dan lemak yang dipakai jumlahnya sama dalam hitungan beratnya. Lemak yang digunakan biasanya berupa mentega yang dicairkan atau bisa juga dengan minyak goreng biasa. Tepung biasa dimasukkan pada mentega yang sudah mencair di wajan, kemudian diaduk-aduk sampai halus dan berubah warna menjadi coklat.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Roux biasa digunakan untuk membuat saus béchamel, saus velouté dan saus espagnole. Kari jepang juga dibuat dengan menggunakan roux. Pada kari jepang, roux dibuat dengan menggoreng bubuk kari kuning dan tepung. Roux (meyane[2]) juga sudah digunakan di masakan turki sejak abad ke-15.

Metode[sunting | sunting sumber]

Mentega dipanaskan di panci atau wajan sampai meleleh. Kemudian tepung dimasukkan. Campuran mentega dan tepung ini kemudian terus dipanaskan sambil diaduk-aduk sampai tepungnya menjadi halur dan menyatu dengan mentega. Proses pemasakan dilanjutkan sampai ke tingkat kecoklatan yang diinginkan. Setelah itu, baru dimasukkan cairan kaldu yang menjadi bahan dasar sausnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Roux definition". Cambridge dictionary. Diakses tanggal 30 November 2020. 
  2. ^ "Turk Dil Kurumu". tdk.gov.tr. Diakses tanggal 30 November 2020.