Rosarium Virginis Mariae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang kepausan Paus Yohanes Paulus II dengan Salib Maria

Rosarium Virginis Mariae adalah nama sebuah surat apostolik Paus Yohanes Paulus II, diterbitkan pada tanggal 16 Oktober 2002. Surat ini membahas Rosario Suci dan memandangnya sebagai ringkasan dari pesan Injil:

Rosario, walau jelas-jelas bersifat Bunda Maria, merupakan pusat dari sebuah doa Kristosentris atau yang berpusat pada Kristus. Dalam kesadaran unsur-unsurnya, Rosario memiliki semua kedalaman pesan Injil dalam keseluruhannya, hingga mana ia bisa dikatakan sebagai sebuah ringkasan darinya.

Surat ini menegaskan kembali kepercayaan Katolik Roma pada kekuatan Doa Rosario dan menyatakan:

Melalui Rosario para umat menerima rahmat yang melimpah, yang seakan-akan datang langsung dari tangan Sang Bunda Penebus.

Surat ini juga menekankan devosi total kepada Sang Perawan Maria, sebagaimana yang dikembangkan oleh Santo Louis de Montfort, yang mana dikutip oleh Sri Paus:

"Kesempurnaan penuh kita terbentuk dengan cara taat, bersatu dan dipersembahkan sepenuhnya kepada Yesus Kristus. Oleh karena itu devosi yang paling sempurna dari semua devosi tidak dapat dibantah adalah devosi yang menaati, mempersatukan dan menguduskan kita dengan cara yang paling sempurna pada Yesus Kristus.
Sekarang, semenjak Maria yang di antara semua makhluk merupakan yang paling taat pada Yesus Kristus, dapat dikatakan bahwa di antara semua devosi yang paling menguduskan dan mempersiapkan jiwa seseorang kapada Tuhan kita adalah devosi kepada Maria, Bunda-Nya yang Kudus, dan bahwa semakin sering suatu jiwa dikuduskan pada-Nya, semakin dikuduskan pula jiwa tersebut pada Yesus Kristus."[1]

Surat ini berdiri di atas filosofi Katolik Roma tentang pengkajian dan penghormatan pada Sang Perawan Suci Maria melalui cabang ilmu Mariologi, yang mana pada tahun-tahun belakangan ini telah ditekankan lebih jauh lagi dengan intitut-institut kepausan seperti Marianum yang secara khusus dibentuk untuk tugas ini.[2][3][4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • [[Mariologi]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pope John Paul II's Apostolic Letter Rosarium Virginis Mariae [1]
  2. ^ Mariology Society of America http://mariologicalsocietyofamerica.us
  3. ^ Centers of Marian Study http://www.servidimaria.org/en/attualita/promotori2/promotori2.htm
  4. ^ Publisher’s Notice in the Second Italian Edition (1986), reprinted in English Edition, Gabriel Roschini, O.S.M. (1989). The Virgin Mary in the Writings of Maria Valtorta (English Edition). Kolbe's Publication Inc. ISBN 2-920285-08-4