Rona Mentari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Rona Mentari adalah seorang juru dongeng berprestasi berusia 26 tahun, lahir pada 23 September 1992 di Yogyakarta. Ia merupakan perempuan muda berprestasi yang membanggakan Indonesia melalui dongeng. Ia adalah pendiri Rumah Dongeng Mentari (RDM) di Yogyakarta. Ia juga pendiri Festival Dongeng Nasional "Awicarita Festival" di Yogyakarta.

Tahun 2018 Rona mendapat kesempatan belajar secara mendalam selama empat bulan dengan 18 juru dongeng dunia diseluruh dunia dengan latar belakang yang berbeda. Ia mendapatkan beasiswa dari International School of Storytelling, England Storyteller. Rona mulai mengenal dongeng sejak ia berada di pendidikan Taman Kanan-kanan (TK). Rona kecil adalah sosok yang pemalu dan minder. Dikutip oleh kompas.id Rona bercerita ia pernah pipis dicelana lantaran ditegur oleh gurunya saat TK.[1]

Melalui dongeng Rona menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Sosok yang memberinya inspirasi adalah Guru TK-nya. Kepercayaan diri Rona dibangun sejak ia selalu menceritakan dongeng yang ia dengar dari guru TK, yang kemudian ia ceritakan kembali ke Ibunya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ kompas.id (2018-06-21). "Dongeng Kebaikan dari Rona Mentari – Kompas.Id". Kompas.Id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-16. 
  2. ^ kompas.id (2018-06-21). "Dongeng Kebaikan dari Rona Mentari – Kompas.Id". Kompas.Id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-16.