Romani ite domum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Brian menuliskan kalimat Romani ite domum seratus kali di dinding

Romani ite domum, adalah sebuah kalimat dalam bahasa Latin, yang artinya adalah: "Orang Romawi, pulang ke rumah!" Kalimat ini merupakan sebuah lelucon yang diambil dari film "Life of Brian".

Sketsa ini menggambarkan John Cleese sebagai seorang centurion dan Graham Chapman sebagai Brian, yang ingin menjadi anggota "Front Rakyat Yudea" (People's Front of Judea). Lalu untuk membuktikan bahwa dirinya pantas, ia disuruh menuliskan slogan anti-Romawi di tembok istana gubernur di Yerusalem pada malam hari. Dia baru saja selesai ketika seorang centurion melihatnya. Brian ketakutan dan mengira ia akan dibunuh. Namun ternyata centurion ini bertindak sebagai seorang guru bahasa Latin yang galak dan bukannya membunuhnya namun malah membetulkan pengetahuan Brian akan tatabahasa Latin yang buruk.

Brian pertama menuliskan kalimat Romanes eunt domus yang memakai bentuk deklinasi (takrifan) yang salah. Akhirnya deklinasi dibetulkan menjadi Romani ite domum. Lalu Brian disuruh menuliskan kalimat ini 100 kali di tembok.

Humor ini merupakan humor khas Monty Python yang mengkombinasikan rujukan intelektual yang gelap dengan humor slapstick serta sebuah situasi surealistis yang aneh.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]