Roman D'Artagnan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Roman D'Artagnan adalah trilogi novel karya Alexandre Dumas yang mengisahkan riwayat musketir D'Artagnan dari awal kariernya di Gascony sampai kematiannya sebagai marsekal Perancis dalam pengepungan Maastricht pada tahun 1673.

Dumas mendasarkan riwayat dan sifat-sifat D'Artagnan pada kapten pasukan musketir Charles de Batz-Castelmore, Comte D'Artagnan. Penggambaran Dumas dipengaruhi oleh memoar semi-fiktif D'Artagnan yang ditulis Gatien de Courtilz de Sandras 27 tahun setelah kematian sang musketir. Memoar ini diterbitkan tahun 1700.

Ketiga novel ini adalah:

Novel "The Son of Porthos", lanjutan seterusnya serial D'Artagnan (meskipun D'Artagnan sendiri tidak muncul), diterbitkan tahun 1883 dengan nama pengarang Alexandre Dumas, dan masih dijual dengan keadaan demikian. Namun pengarang sebenarnya adalah Paul Mahalin

Di Indonesia Balai Pustaka telah menerbitkan terjemahan dua buku dari trilogi Roman D'Artagnan. Les Trois Mousquetaires diterbitkan dengan judul Tiga Orang Panglima Perang pada tahun 1922, sedangkan Vingt Ans Après diterbitkan sebagai Dua Puluh Tahun Kemudian pada tahun 1925. Keduanya diterjemahkan oleh Nur Sutan Iskandar.