Roluos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Roluos
រលួស
Candi Lolei di Roluos
Roluos di Kamboja
Roluos
Roluos
Lokasi di Kamboja
Nama alternatifHariharalaya
LokasiSiem Reap, Kamboja
WilayahAsia Tenggara
Koordinat13°20′N 103°58′E / 13.333°N 103.967°E / 13.333; 103.967
JenisArchaeological site
Sejarah
PendiriJayawarman II
Bahanbatu pasir, laterit, bata
DidirikanAbad ke-9
PeriodePertengahan
Catatan situs
Kondisireruntuhan
Akses umumYa

Roluos (Khmer: រលួស) adalah sebuah kota kecil di Kamboja sekaligus situs purbakala, yang terletak sekitar 13 kilometer di sebelah timur dari kota Siem Reap sepanjang jalan raya nasional NH6. Kawasan ini merupakan bekas kota kuno Hariharalaya,[1]:98 ibu kota pertama Kemaharajaan Khmer yang didirikan di dataran sebelah utara danau Tonle Sap. Nama lain kota ini mungkin Indrapura, dapat diidentifikasi dengan situs Banteay Prey Nokor.[2]

Di antara kelompok percandian Roluos ada beberapa bangunan paling awal yang pernah dibangun oleh bangsa Khmer. Candi-candi ini menandai bermulanya periode klasik peradaban Khmer, yang berasal dari akhir abad ke-9. Beberapa candi benar-benar dibangun dari bahan batu bata, yang lain sebagian berbahan batu laterit atau batu pasir (kuil angkor besar pertama yang dibangun dengan batu pasir mungkin adalah candi Ta Keo[3]).

Kini situs ini terdiri atas tiga candi utama, yaitu: Bakong, Lolei, dan Preah Ko, bersama dengan candi mungil Prasat Prei Monti. Di Bakong dan Lolei, kini terdapat biara-biara Buddha Theravada.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Coedès, George (1968). Walter F. Vella, ed. The Indianized States of Southeast Asia. trans.Susan Brown Cowing. University of Hawaii Press. ISBN 978-0-8248-0368-1. 
  2. ^ Higham, 1989, p.324
  3. ^ Freeman, Jacques 2006, p.26

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]