Rolls-Royce Motor Cars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rolls-Royce Motor Cars Limited
Jenis Perseroan Terbatas
Industri/jasa
  • Produksi
  • Distribusi
Didirikan Inggris (Maret 1998 (1998-03))
Kantor pusat Goodwood, Inggris, Inggris
Daerah layanan Seluruh Dunia
Tokoh penting
  • Torsten Müller-Ötvös, CEO
  • Peter Schwarzenbauer, Chairman
Produk
Jasa Otomotif
Karyawan 1.300 (2014)
Induk BMW
Situs web rolls-roycemotorcars.com

Rolls-Royce Motor Cars Limited merancang, memproduksi, dan mendistribusikan mobil mewah dengan merek Rolls-Royce ke seluruh dunia. Rolls-Royce Motor Cars Limited adalah anak usaha BMW yang didirikan pada tahun 1998 setelah BMW melisensi merek Rolls-Royce dari Rolls-Royce plc, dan juga melisensi penggunaan Spirit of Ecstasy serta bentuk kisi depan khas Rolls-Royce dari Volkswagen AG. Rolls-Royce Motor Cars Limited berkantor pusat di Goodwood, West Sussex, Inggris. Rolls-Royce Motors Cars Limited adalah produsen tunggal mobil bermerek Rolls-Royce sejak tahun 2003.

Walaupun bernama sama, Rolls-Royce Motor Cars tidak memiliki hubungan sejarah langsung dengan Rolls-Royce plc.

Rolls-Royce Phantom adalah mobil pertamanya yang diluncurkan pada tahun 2003.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kepemilikan dan lisensi merek dagang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, Vickers memutuskan untuk menjual Rolls-Royce Motors. Pembeli paling potensial adalah BMW, yang telah lama memasok mesin dan suku cadang lain untuk Rolls-Royce dan Bentley, tetapi penawaran dari BMW senilai £340 juta kalah dari penawaran senilai £430  juta dari Volkswagen.

Walaupun begitu, Rolls-Royce plc, selaku pemilik awalnya, masih memegang beberapa merek dagang. Sehingga, walaupun Vickers plc menjual desain mobil, kantor, pabrik, Spirit of Ecstasy, dan bentuk kisi depan khas Rolls-Royce ke Volkswagen AG, Rolls-Royce plc lebih memilih untuk melisensi merek dan logo Rolls-Royce ke BMW AG seharga £40 juta, karena saat itu Rolls-Royce plc baru saja memulai kerja sama dengan BMW.

Dengan merek dagang Rolls-Royce dipegang oleh dua perusahaan yang berbeda, Volkswagen dan BMW pun memutuskan untuk berunding lebih jauh.

Volkswagen akhirnya setuju untuk menjual merek dagang Rolls-Royce yang dipegangnya ke BMW, dan BMW juga setuju untuk tetap memasok mesin dan suku cadang ke Rolls-Royce hingga tahun 2003, sehingga Volkswagen dapat terus memproduksi Rolls-Royce hingga tahun 2003. Rolls-Royce Motor Cars Limited pun resmi menjadi produsen tunggal Rolls-Royce pada tahun 2003. Pada bulan September 2014, Rolls-Royce mengumumkan bahwa mereka akan membangun pusat pengembangan dan logistik baru di Bognor Regis.[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "Rolls-Royce plans Bognor Regis technology centre". BBC News. Diakses tanggal 24 June 2015.