Roland MT-32

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Roland MT-32

Roland MT-32 adalah synthesizer MIDI (modul suara) yang dipasarkan pada tahun 1987 oleh Roland Corporation.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Sama seperti pendahulunya, Roland D-50, MT-32 menggunakan sintesis Linear Arithmetic (LA), sintesis yang berbasis sampel suara yang dikombinasikan dengan sintesis subtraktif, untuk menghasilkan suara. Dengan sampel yang digunakan untuk serangan, dan perkusi, sedangkan sintesis biasa bertugas memberikan suara sebagai bentuk sustain.

MT-32 meliputi pustaka 128 suara (preset) dan 30 suara perkusi, yang dapat direproduksi pada 8 saluran MIDI untuk melodi, dan satu saluran untuk drum (channel 10). Hal ini juga memberikan efek reverb digital. Keturunannya (lihat di bawah) telah mendapat 33 suara tambahan. Tapi karena tidak adanya sampel piano, MT-32 tidak dapat mereproduksi suara piano akustik yang meyakinkan.

Menjadi synthesizer yang lebih dari sekadar perangkat sintesis wave table, MT-32 relatif dapat diprogram. Suara yang dibuat dari 4 parsial yang dapat dikombinasikan dalam beberapa cara (termasuk dengan modulasi cincin). Dengan total 32 parsial tersedia, polifoni tergantung pada kompleksitas dari nada-nada yang digunakan dalam musik yang direproduksi ; dengan demikian, 8 (4 parsial masing-masing) untuk 32 not (1 parsial digunakan oleh not) dapat direproduksi secara bersamaan, demikian namanya.

Secara default, MT-32 tidak mereproduksi data pada saluran MIDI no. 1 yang banyak digunakan, dan, karena ini, file MIDI yang dirancang untuk MT-32, tidak menggunakannya: secara default menggunakan saluran 2 sampai 9 untuk instrumen melodi, dan channel 10 untuk perkusi. Namun, adalah mungkin untuk memprogram ulang mesin sehingga menghasilkan data pada saluran 1 sampai 8 + 10, atau dengan cara pesan MIDI, SysEx (sistem eksklusif), atau dengan kombinasi tombol secara langsung pada panel MT-32 (Master Volume + 5), ini dalam rangka untuk, misalnya, untuk dapat mereproduksi sebagian file dalam format General MIDI.

Model[sunting | sunting sumber]

Tiga variasi besar dari perangkat yang kompatibel dengan MT-32 dapat dibedakan :

Generasi pertama[sunting | sunting sumber]

  • Perangkat generasi ini tidak memiliki jack headphone.
  • Sirkuit suara LA32 memiliki seri 80-pin.
  • Mikroprosesor yang digunakan adalah Intel C8095-90.
  • DAC yang digunakan adalah Burr-Brown PCM54 ; sinyal input memiliki resolusi 15 bit (lihat di bawah).

Model dari generasi ini adalah sebagai berikut :

  • MT-32 dengan papan induk (PCB) revisi 0, digunakan dalam model bernomor seri 0 sampai 851399 (chip PGA LA32 nantinya akan digantikan oleh model datar dengan 100 pin)
  • MT-32 dengan papan induk revisi 1 (model lama), digunakan dalam model, benomor 851 400 sampai 950 499.
  • Roland MT-100 : mesin yang menggabungkan fitur dari MT-32 dengan sequencer Roland PR-100.

Generasi kedua[sunting | sunting sumber]

  • Jack headphone ditambahkan.
  • Menggunakan microcontroller Intel P8098.
  • DAC tetap sama, tapi sekarang menggunakan resolusi input 16 bit (lihat di bawah).

Model dari generasi ini adalah sebagai berikut :

  • MT-32 dengan papan induk revisi 1 (model baru), digunakan dalam model bernomor mulai dari 950 500.

Berikut model-model yang mencakup semua dari 33 suara tambahan.

  • Roland CM-32L: modul yang terutama dirancang untuk digunakan dengan komputer ("CM" artinya computer music), karena hanya memiliki tombol volume dan dua indikator power on dan penerimaan pesan MIDI. Pemasaran dimulai pada tahun 1989.
  • Roland CM-64: kombinasi CM-32L dengan synth sampel, CM-32P, versi "computer" dari Roland U-110. Bagian CM-32P hadir untuk reproduksi data MIDI pada saluran yang tidak digunakan oleh bagian CM-32L.
  • Roland LAPC-I: kartu suara dalam format ISA untuk komputer jenis IBM PC. Menggabungkan teknologi dari MT-32 dengan antarmuka MIDI Roland MPU-401.

Generasi ketiga[sunting | sunting sumber]

  • DAC sekarang Burr-Brown PCM55 (lihat di bawah).
  • Vibrato sangat lebih kuat dari pada model-model sebelumnya.

Model dari generasi ini adalah sebagai berikut :

  • Roland CM-32LN : sebuah versi khusus dari CM-32L untuk laptop keluarga NEC PC-98, termasuk konektor khusus untuk menghubungkan perangkat ke port ekspansi 110 pin pada model-model komputer ini. Hanya dipasarkan di Jepang.
  • Roland CM-500: kombinasi CM-32LN dengan Roland CM-300, versi "computer music" dari Roland SC-55, kompatibel dengan teknologi Roland GS. Telah dipasarkan pada tahun 1992.
  • Roland LAPC-N: Sebuah kartu ekspansi dari tipe C Bus untuk komputer keluarga NEC PC-88 dan NEC PC-98. Hanya dirilis di Jepang.

Kualitas suara dan masalah kompatibilitas[sunting | sunting sumber]

Saturasi[sunting | sunting sumber]

MT-32 dan turunannya yang kompatibel menggunakan DAC paralel 16-bit, dengan tingkat sampling (sampling rate) dari 32 kHz. Dalam rangka meningkatkan signal-to-noise tanpa harus berinvestasi dalam komponen yang bermutu lebih tinggi, volume sinyal digital yang dikirim ke DAC adalah dua kali lipat :

  • untuk modul generasi pertama, bit 14 (tertinggi) dihapus dan bit yang tersisa dikelompokkan di sebelah kiri, yang mengurangi resolusi efektif untuk 15 bit.
  • untuk generasi berikutnya, tingkat volume dicapai dengan memaksa sirkuit LA32 untuk mengirim sampel digital dengan amplitudo yang lebih besar.

Dalam kedua kasus, hal ini menghasilkan suara saturasi yang cukup melengking ketika suara yang dimainkan pada volume tinggi.

Keslahan diferensial non-linearitas[sunting | sunting sumber]

DAC yang digunakan dalam modul dari generasi pertama dan kedua, Burr-Brown PCM54, walaupun seharusnya benar seimbang di pabrik, membutuhkan modul imbangan eksternal untuk mengurangi kesalahan diferensial nonlinier (atau DNL).

Untuk menghemat biaya, Roland belum memadukan sirkuit jenis ini dalam pertama kalinya, memberikan fakta ini sinyal yang direproduksi pada volume rendah, suara metal atau grunge. Meskipun distorsi ini bahkan lebih jelas pada versi pertama dari MT-32, di mana bit 0 dari DAC terputus karena modifikasi yang dilakukan di atasnya (lihat di atas), Suara ini juga terdengar pada MT-32 dan CM-32L generasi berikutnya.

Sebaliknya, untuk model generasi ketiga, Roland telah menggunakan Burr-Brown PCM55, langsung seimbang di pabrik dan yang, oleh karena itu, hampir tidak memiliki kesalahan non-linearitas diferensial ke titik yang dapat mendengar perubahan suara.

Penyangga (buffer overflow)[sunting | sunting sumber]

Model generasi pertama, dengan ROM control di bawah versi 2.00, memerlukan penundaan 40 milidetik antara pesan-pesan jenis SysEx. Oleh karena itu, video game yang diprogram untuk digunakan dengan model yang kompatibel (lihat di atas) atau dengan model yang menggunakan ROM paling baru (yang tidak memerlukan periode waktu) mungkin tidak bekerja dengan model generasi pertama, yang tidak dapat mereproduksi suara dengan benar, atau kecelakaan sama sekali.

Musik dalam game PC[sunting | sunting sumber]

MT-32 telah banyak digunakan untuk video game PC dari tahun 1980-an dan awal 1990-an untuk memberikan alternatif dari kartu suara AdLib atau Sound Blaster, kemudian digunakan untuk mereproduksi musik dan efek suara dari permainan, sehingga memberikan pemilik MT-32 pada waktu itu, kemungkinan untuk bisa menikmati suasana musik berkualitas yang lebih baik dalam permainan video mereka di PC. Sierra On-Line adalah perusahaan pertama untuk permainan video PC untuk mendukung MT-32 dengan judul king's Quest IV ; ini juga bertanggung jawab untuk penjualan perangkat.

Namun, dengan popularitas standar General MIDI, yang muncul pada tahun 1991, dan implementasinya dalam model-model dari keluarga Roland Sound Canvas (dianggap sebagai referensi) dari tahun 1993 dan seterusnya, dukungan untuk MT-32 dalam video game di komputer jauh berkurang dibandingkan mendukung General MIDI, kemudian digunakan oleh sejumlah besar kartu suara yang menggunakan sintesis wave table. Karena ini, daripada menawarkan koleksi musik dan suara khusus yang dioptimalkan untuk MT-32, video game baru-baru ini, ketika mereka mendukung MT-32, sering memprogram ulang sehingga kira-kira dapat mendukung dan mereproduksi musik di standar General MIDI Tingkat 1.

Emulasi[sunting | sunting sumber]

Karena popularitas dari MT-32, perangkat pilihan untuk mereproduksi musik game PC waktu itu, banyak kartu, yang paling baru-baru ini telah berusaha untuk memberikan mode kompatibilitas, sebuah "modus emulasi MT-32", biasanya terdiri dari bank of suara (seperti SoundFont pada kartu Sound Blaster yang paling baru) terdiri berupa array dari instrumen General MIDI diatur sehingga sesuai kira-kira dengan bank suara dari MT-32, adalah kumpulan dari sampel langsung direkam dari synthesizer. Namun, hasilnya sering mengecewakan, karena teknologi yang digunakan oleh kartu-kartu ini tidak menangkap karakteristik vintage atau old-school yang melekat untuk usia asli synth (noise, distorsi...) yang kadang-kadang memperoleh keuntungan musisi yang paling inventif, bukan untuk menyebutkan bahwa sering, pemrograman suara kustom (lihat di atas) tidak didukung dengan emulasi. Pengecualian untuk aturan ini bisa diwakili oleh kartu Orchid SoundWave 32 dipasarkan oleh Orchid pada tahun 1994, dengan prosesor pengolahan digital (DSP) digunakan untuk mereproduksi dengan lebih setia karakteristik dari suara asli.

Baru-baru ini, upaya lain pada emulasi dari sintesis telah muncul, seperti perangkat lunak, dan menggunakan gambar dari ROM dan sampel asli. Di antara yang paling sukses, yang bisa dijadikan proyek open-source (sumber terbuka) Munt, yang saat ini mengemulasikan teknologi MT-32 melalui driver WDM untuk Windows XP. Proyek emulasi ini juga telah dimasukkan ke ScummVM, penerjemah (mesin) open-source untuk permainan petualangan dari LucasArts, dimulai dengan versi 0.7.0. Munt berdasarkan pada sebuah proyek emulasi lama, MT-32 Emulasi Proyek, yang telah menyebabkan sengketa hukum yang singkat dengan Roland Corporation, yang memasarkan MT-32, telah merenggut hak kepengarangan (hak cipta) pada penggunaan data dari gambar ROM yang dibutuhkan (dan digunakan) oleh emulator.

Roland, sementara itu, baru-baru ini menawarkan emulasi synthesizer mereka sendiri, khususnya D-50.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]